32 コース
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, bersifat wajib lulus bagi mahasiswa S-1 Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB). Bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar tentang anak berkebutuhan khusus (ABK), Isu-isu dan arah Pendidikan khusus, konsep dasar Psikologi ABK serta dasar biologis pada dinamika psikologis ABK, mampu memahami karakteristik psikologis ABK melalui analisis dinamika perkembangan kognitif, sosial-emosi, dan kepribadian ABK, serta mampu memahami beberapa pendekatan psikologis dalam pemberian program intervensi masing-masing jenis ABK. Kegiatan perkuliahan berupa tatap maya (daring) dengan metode ceramah, brainstorming, tanya jawab, diskusi & pemberian tugas. Evaluasi dilakukan melalui tugas (kuis, tugas harian), aktivitas kelas, presentasi, UTS, dan UAS.
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, bersifat wajib lulus bagi mahasiswa S-1 Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB). Bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar tentang anak berkebutuhan khusus (ABK), Isu-isu dan arah Pendidikan khusus, konsep dasar Psikologi ABK serta dasar biologis pada dinamika psikologis ABK, mampu memahami karakteristik psikologis ABK melalui analisis dinamika perkembangan kognitif, sosial-emosi, dan kepribadian ABK, serta mampu memahami beberapa pendekatan psikologis dalam pemberian program intervensi masing-masing jenis ABK. Kegiatan perkuliahan berupa tatap maya (daring) dengan metode ceramah, brainstorming, tanya jawab, diskusi & pemberian tugas. Evaluasi dilakukan melalui tugas (kuis, tugas harian), aktivitas kelas, presentasi, UTS, dan UAS.
Mata kuliah ini mengkaji konsep hakikat manusia dan pengembangannya, pegertian, unsur-unsur, landasan, asas, aliran-aliran, permasalahan pendidikan, pengertian, fungsi dan jenis lingkungan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan serta perkiraan dan antisipasi masyarkat masa depan di era revolusi industry 4.0
Mata kuliah ini mengkaji konsep hakikat manusia dan pengembangannya, pegertian, unsur-unsur, landasan, asas, aliran-aliran, permasalahan pendidikan, pengertian, fungsi dan jenis lingkungan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan serta perkiraan dan antisipasi masyarkat masa depan di era revolusi industry 4.0
Mata kuliah ini mengkaji konsep hakikat manusia dan pengembangannya, pegertian, unsur-unsur, landasan, asas, aliran-aliran, permasalahan pendidikan, pengertian, fungsi dan jenis lingkungan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan serta perkiraan dan antisipasi masyarkat masa depan di era revolusi industry 4.0
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan tentang kondisi autiis dan autis beserta ciri cirinya
2. menjelaskan interaksi sosial anak autis dan assesmennya
3. menerapkan terapi ABA untuk membantu interaksi sosial anak autis
4. Menjelaskan komunikasi anak autis beserta cirinya
5. menerapkan PECS untuk membantu komunikasi anak autis
Mata kuliah anatomi fisiologi dan genetika merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PLB semester 1 berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang konsep anatomi fisiologi dan genetika manusia, sistema pergerakan manusia beserta kelainan yang mengenainya, sistema panca indera manusia serta kelainan yang menyertainya, sistema koordinasi manusia serta kelainan yang menyertainya, sera genetika manusia beserta kelainan yang menyertainya
kegiatan prkuliahan dilakukan secara tatap maya (daring) dengan metode ceramah, brainstroming, tanya jawab. Evaluasi dilakukan melalui tugas ( kuis, tugas individu ) , aktivitas kelas, presentasi, UTS dan UAS
Mata kuliah anatomi fisiologi dan genetika merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PLB semester 1 berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang konsep anatomi fisiologi dan genetika manusia, sistema pergerakan manusia beserta kelainan yang mengenainya, sistema panca indera manusia serta kelainan yang menyertainya, sistema koordinasi manusia serta kelainan yang menyertainya, sera genetika manusia beserta kelainan yang menyertainya
kegiatan prkuliahan dilakukan secara tatap maya (daring) dengan metode ceramah, brainstroming, tanya jawab. Evaluasi dilakukan melalui tugas ( kuis, tugas individu ) , aktivitas kelas, presentasi, UTS dan UAS
BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM
SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN DARING MATA KULIAH KETERAMPILAN PRAVOKASIONAL
MATA KULIAH KETERAMPILAN PRAVOKASIONAL MERUPAKAN MATA KULIAH YANG BERTUJUAN UNTUK MEMBERIKAN PENGETAHUAN PENDAMPINGAN BAGI CALON GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJA SEBAGAI BEKAL HIDUP ANAK TUNAGRAHITA DI MASA DEPAN
Mata kuliah anatomi fisiologi dan genetika merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PLB semester 1 berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang konsep anatomi fisiologi dan genetika manusia, sistema pergerakan manusia beserta kelainan yang mengenainya, sistema panca indera manusia serta kelainan yang menyertainya, sistema koordinasi manusia serta kelainan yang menyertainya, sera genetika manusia beserta kelainan yang menyertainya
kegiatan prkuliahan dilakukan secara tatap maya (daring) dengan metode ceramah, brainstroming, tanya jawab. Evaluasi dilakukan melalui tugas ( kuis, tugas individu ) , aktivitas kelas, presentasi, UTS dan UAS
Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik (PPD) ini mempelajari konsep perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan peserta didik, teori perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan manusia, serta mempelajari perkembangan fisik, intelektual, emosi, sosial dan moral di setiap periodisasi perkembangan manusia dari pranatal sampai usia dewasa.
Perkuliahan dilakukan dengan tatap maya, diskusi, tugas dan Project.
Mata Kuliah ini membahas tentang Terapi Bermain, Musik dan Okupasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
Topik yang dibahas adalah:
1. Konsep dan teori dalam terapi bermain, Musik, dan Okupasi
2. Pengertian, tujuan, dan Prinsip terapi bermain, musik, dan Okupasi
3. Identifikasi Kasus
4. Asesmen pada ABK
5. Pelaksanaan Terapi Bermain Musik dan Okupasi pada anak Berkebutuhan Khusus
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, bersifat wajib
lulus bagi mahasiswa S-1 Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB).
Bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar
tentang anak berkebutuhan khusus (ABK), Isu-isu dan arah Pendidikan khusus,
konsep dasar Psikologi ABK serta dasar biologis pada dinamika psikologis ABK,
mampu memahami karakteristik psikologis ABK melalui analisis dinamika
perkembangan kognitif, sosial-emosi, dan kepribadian ABK, serta mampu memahami
beberapa pendekatan psikologis dalam pemberian program intervensi masing-masing
jenis ABK. Kegiatan perkuliahan berupa tatap maya (daring) dengan metode ceramah,
brainstorming, tanya jawab. Evaluasi
dilakukan melalui tugas (kuis, tugas harian), aktivitas kelas, presentasi, UTS,
dan UAS.