27 Kurse
Mata kuliah ini hendak menyajikan Pengertian,
paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif,
mixed; Proses penelitian dengan
menjabarkan langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data hingga
latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukan
analisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah
laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas
akhir skripsinya.
Mata kuliah ini hendak menyajikan Pengertian,
paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif,
mixed; Proses penelitian dengan
menjabarkan langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data hingga
latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukan
analisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah
laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas
akhir skripsinya.
Mata kuliah Pengantar Kurikulum melakukan pengkajian tentang pengertian kurikulum, komponen-komponen dan organisasi kurikulum, peran dan fungsi kurikulum, kurikulum dan pengajaran, kurikulum ideal dan kurikulum aktual, kurikulum tersembunyi, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, struktur program kurikulum, inovasi kurikulum, dan karakteristik (KBK, KTSP, dan kurikulum 2013).
Matakuliah Bahasa Inggris membahas tentang penggunaan bahasa inggris sebagai english for specific purposes (ESP) yang sifatnya mendukung tujuan pembelajaran dalam pengenalan teknologi pendidikan khususnya dalam memahami jurnal-jurnal internasional terkait penggunaan bahasanya. Pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi aktif maupun pasif dalam penggunaan bahasa internasional. Setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan Bahasa Inggris yang mereka dapatkan di kelas dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Matakuliah Pengembangan Media Audio membahas tentang media pembelajaran sebagai dasar bagaimana
pengembangan desain media yang sifatnya suara (audio). Media yang dikembangkan
mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks disusun menurut kerangka skematis menggunakan aplikasi audacity. Di dalam Matakuliah Pengembangan Media
Grafis dikembangkan dengan naskah yang tujuannya untuk penyiaran radio sebagai bentuk media pembelajaran yang akan digunakan dalam format audio.
Pengembangan Media Grafis merupakan matakuliah wajib yang diampuh oleh
- 0031126075 : PROF. DR. AMIR, M.PD
- 0114028502 : ANDROMEDA VALENTINO SINAGA, S.S, M.Pd
Matakuliah Pengembangan Media
Grafis membahas tentang media pembelajaran sebagai dasar bagaimana
pengembangan desain media yang sifatnya visual grafis. Media yang dikembangkan
mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks disusun menurut kerangka skematis
berbasis gambar. Pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu berkreativitas
yang tinggi untuk mendesain media grafis sebagai bagian dari media pembelajaran.
Pada Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan diharapkan mahasiswa dapat
membangun pemahaman mengenai konsep dan teori komunikasi serta
implementasinya dalam pendidikan, sehingga mahasiswa mampu dan terampil
dalam menjelaskan pengertian komunikasi pendidikan, fungsi komunikasi
pendidikan, unsur-unsur komunikasi, model-model proses komunikasi,
komunikasi interpersonal, komunikasi massa, media komunikasi dalam
pendidikan.
Pada Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan diharapkan mahasiswa dapat membangun pemahaman mengenai konsep dan teori komunikasi serta implementasinya dalam pendidikan, sehingga mahasiswa mampu dan terampil dalam menjelaskan pengertian komunikasi pendidikan, fungsi komunikasi
pendidikan, unsur-unsur komunikasi, model-model proses komunikasi, komunikasi interpersonal, komunikasi massa, media komunikasi dalam pendidikan.
Mata kuliah desain pesan akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar pesan, kedudukan pesan dalam komunikasi, teknologi pendidikan dan dalam proses pembelajaran, tentang dasar2 dalam mendesain pesan, baik pesan visual, audio maupun pesan audio visual. Yang pada akhirnya mahasiswa diharapkan mahasiswa akan mampu mendesain pesan yang efeltif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep-konsep dasar tentang media pembelajaran.
Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah wajib yang diampuh oleh
- 0002077308 : DR. ABDUL HAKIM, S.PD, M.SI
- 0114028502 : ANDROMEDA VALENTINO SINAGA, S.S, M.Pd
Pembelajaran ini menekankan pada 5 kawasan teknologi pendidikan yaitu:
Teknologi Pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya. Teknologi Pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal ini Teknologi Pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, mengelola pemecahan masalah yang mencakup semua aspek belajar manusia.
Teknologi Pendidikan juga merupakan suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam sejahtera bagi kita semua
Selamat datang di Mata kuliah Teknologi Pendidikan
Program Studi Teknologi Pendidikan (Prodi TP) Universitas Negeri Makassar (UNM). Mata kuliah ini masuk dalam rumpun MK Wajib dengan bobot SKS sebesar 3 dengan kode Mata Kuliah: D11C111
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali kemampuan mahasiswa secara teoritik pemahaman dan wawasan tentang konsep dasar dan landasan teknologi pendidikan dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik pendidikan.
Pada Matakuliah Sinematografi diharapkan mahasiswa mampu mengetahui
definisi dan sejarah sinematografi, Pelaku
Sinematografi, Tahapan
Kerja Sinematografer, Pembagian
Kerja Sinematografer, Sejarah
Film, Unsur-Unsur
Pembentuk Film, Klasifikasi
Film, Jenis-Jenis
Film, Produksi
Film, Dasar-dasar Fotografi, dan Animasi
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian evaluasi kurikulum/kurikulum dan konsekuensinya terhadap pekerjaan evaluasi, tujuan evaluasi, status evaluasi sebagai area of inquiry dan pekerjaan profesional, etika dan persyaratan evaluator, prosedur umum, model evaluasi beserta penerapan penggunaan model tersebut.
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Mata kuliah ini membahas tentang faktor siswa dalam aktivitas belajar,
pemahaman mengenai proses belajar, pemahaman mengenai kondisikondisi yang terkait dengan efektivitas belajar, dan masalah-masalah yang
terjadi dalam aktivitas belajar.