16 पाठ्यक्रम
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan berlatih membuat benda kerja pada pengerjaan mesin dengan menggunakan mesin yang dikontrol secara numerik yang dibuat dalam bentuk lembaran program pada komputer. Mesin yang dapat digunakan berupa training unit disingkat TU terdiri atas dua macam absis/sumbu:
1. Training unit 2 absis/sumbu: sumbu X dan sumbu Z disingkat TU-2A.
2. Training unit 3 absis/sumbu: sumbu X, sumby Y dan sumbu Z disingkat TU-3A.
"TIM TEACHING"
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Selamat datang dan bergabung dalam kelas daring PTM_01 dengan Kode: 19B23D402 pada Mata Kuliah "Manajemen dan Sistem produksi". Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan akan diampuh oleh Tim Teaching, yaitu Bapak 1. Dr. Fiskia Rera Baharuddin, S.T., M.T. 2. Dr. Ashar Pramono, S.T., M.T. dan 3. Andi Muadz Palerangi, S.Pd., M.Pd. Adapun jadwal perkuliahan akan dilaksanakan setiap hari Rabu Jam I-III (Pukul 07.30 - 09.10 Wita) Via Syam-Ok.
Mata kuliah "Manajemen dan Sistem produksi", merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi semua mahasiswa atau civitas akademik pada jenjang S1, D4, dan D3, di lingkup Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Selamat belajar dan tetap semangat mengikuti pembelajaran ini.
Wassalaamu 'alaiikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
|
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR |
||
19B23D404 |
Kinematika dan Dinamika teknik |
Prodi D4 Teknik Mesin |
Latar Belakang
Kajian dalam fisika ialah mengenai gerak benda yang istilah fisikanya disebut mekanika. Mekanika terdiri atas statika dan dinamika, dalam istilah keteknikan Statika dibahas pada Mekanika Teknik sedangkan bagian bergerak (Dinamik) dibahas pada Kinematika dan dinamika Teknik. Dalam pembahasan gerak suatu benda dispesifikasi menjadi dua bahasan yakni kinematika serta dinamika. Kinematika menjabarkan mengenai gerakan benda tanpa mengaitkan apa penyebab benda tersebut bergerak. Sedang dinamika mengulas mengenai gerakan benda dengan menghubungkan apa yang menyebabkan benda tersebut bergerak. Jadi dalam mengulas tentang gerakan suatu benda, dapat dilakukan dengan dua pendekatan yakni pendekatan kinematika atau dinamika.
Menelaah tentang gerakan suatu benda dapat memberikan informasi penting masalah benda tersebut, apa lagi benda yang menjadi objek adalah benda dinamis. Misalnya dengan mempelajari gerakan pesawat atau traktor, kita dapat mengetahui kecepatannya. Dan dengan data tersebut kita dapat menghitung berapa waktu serta jarak tempuh pesawat atau traktor tersebut. Jadi dengan mempelajari gerakan suatu benda, kita dapat memetakan semua informasi yang berhubungan dengan gerakan benda tersebut, salah satunya ialah kecepatan benda.
Sesuai dengan latar belakang diatas, maka matakuliah ini akan membahas tentang :
Konsep dasar kinematika yang meliputi derajat bebas, komponen sistem mekanik (joint & link),definisi dasar dan persamaan gera. Derajat kebebasan mekanisme, Pusat Sesaat, Perumusan kecepatan dan percepatan. Kecepatan pada Rangkaian Roda Gigi, Analisis gaya di mekanisme atau mesin dengan cara analitik dan grafis. Pengaruh gaya dinamik (gaya tak balans) pada peralatan, cara membalans massa berputar, dan prinsip dalam membalans (dinamik balancing)
Tujuan
Diharapkan mahasiswa mampu mengetahui teori dasar mekanisme, analisis, kecepatan dan percepatan, prinsip gaya statik dan dinamik, teori membalans, dengan demikian ada beberapa tujuan, diantaranya adalah :
Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, ilmu teknik mesin dan pengetahuan lainnya yang relevan dengan penuh prakarsa untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah-masalah teknik mesin.
Mahasiswa mampu merancang suatu komponen, sistem, atau proses mekanikal beradasarkan kriteria perancangan tertentu.
Mahasiswa memahami konsep dasar kinematika,memahami arti dan menguasai perhitungan derajat kebebasan. Dan dapat menentukan pusat sesat dan kegunaannya
Mahasiswa memahami cara menganalisis kecepatan dan percepatan di mekanisme
Mahasiswa memahami analisis gaya dengan cara analitik dan grafis.
Mahasiswa memahami analisis gaya dinamik, dan cara membalans massa berputar.
Bahan Bacaan
Beer & Johnston. (1976). Mechanics of Engineer-Dynamics.
McGraw-Hill Hinkle (1960), Kinematics of Mechines. Prentice Hall
Holowenko dan Cepy Prapto (1992). Dinamika permesinan, Jakarta: Erlangga Martin, GH dan Setiyobakti (1984).
Kinematika dan Dinamika Teknik., Jakarta: Erlangga Meriam & Krainge (1998). Engineering Mechanics. New York: Wiley.
|
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR |
||
18B22E206 |
Elemen Mesin I. |
Prodi D4 Teknik Mesin |
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini berbobot 3 sks teori , bersifat wajib lulus. Isi mata kuliah meliputi : Pendahuluan : pengertian elemen, macam elemen, fungsi elemen, penerapan elemen, pemilihan elemen, menganalisis gaya-gaya, beban, Tegangan dan faktor keamanan yang bekerja pada elemen, menghitung ukuran elemen ( sambungan paku keling, Sambungan Las, Sambungan mur baut, Poros, Pasak, Kopling Tetap, Kopling Tidak Tetap, Rem, Bantalan, Dasar Sistem Transmisi Roda Gigi.
KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN
Setelah mempelajari matakuliah ini, mahasiswa diharapkan:
1. Mampu menerapkan prinsip dasar dari elemen mesin meliputi cara kerja, perancangan dan perhitungan kekuatan berdasarkan tegangan, bahan, dan faktor keamanan.
2. Mampu memilih elemen dengan pertimbangan teknik, ekonomi, dan social.
3. Mampu menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada elemen.
4. Mampu menghitung ukuran elemen dan pemilihan komponen sesuai standar yang berlaku internasional.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Aspek Kognitif
a. Mampu menerapkan prinsip dasar dari elemen mesin meliputi cara kerja, perancangan dan perhitungan kekuatan berdasarkan tegangan, bahan, dan faktor keamanan
b. Mengenal macam, fungsi, dan penerapam elemen
c. Mampu memilih elemen mesin dengan pertimbangan teknik ekonomi dan sosial.
d. Mampu menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada elemen
e. Mampu menghitung ukuran elemen dan pemilihan komponen sesuai standar yang berlaku internasional.
2. Aspek Psikomotor: dapat menggambar elemen mesin hasil perhitungan.
3. Aspek Affektif
1. Mampu bekerja mandiri
2. Mampu bekerjasama dalam tim
SISTEM PENILAIAN:
Tugas : 20%
Absensi : 20 %
UTS : 30%
UAS : 30%
SUMBER BACAAN
Beer, Ferdinand P. E. Russell Johnston, Jr. Mechanics of Materials. Second Edition. McGraw-Hill Book Co. Singapore. 1985.
Beer, Ferdinand P., E. Russell Johnston. Vector Mechanics for Engineers : STATICS. 2nd edition. McGraw Hill. New York. 1994.
Espito and Thower.R.J., 1991, Machine Design, New York : Delmar Publisher Inc.
Juvoinvall dan Marshek, 1991, Fundamentals of Machine Componen Design, New York John Wiley and Sons.
Khurmi.R.S., dan Gupta.J.K. 1980, Machine design, New delhi : Eurada Publishing House ( Pvt ) Ltd.
Khurmi, R.S. J.K. Gupta. A Textbook of Machine Design. S.I. Units. Eurasia Publishing House (Pvt) Ltd. New Delhi. 2004.
Popov, E.P. Mekanika Teknik. Terjemahan Zainul Astamar. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1984.
Robert L Mott, Elemen-elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis. Penerbit Andi Yogyakarta 2000
Shigly, Joseph Edward. Mechanical Engineering Design. Fifth Edition. Singapore : McGraw-Hill Book Co. 1989.
Spotts, M.F. (1981) Design of machine elements. Fifth Edition. New Delhi : Prentice-Hall of India Private Limited.
Sularso. (2000) Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
Stolk.J., dan Kros.C., Elemen – Elemen Mesin, Jakarta : Erlangga pres. 1981
Timoshenko, S.,D.H. Young. Mekanika Teknik. Terjemahan, edisi ke-4, Penerbit Erlangga. Jakarta. 1996.