10 पाठ्यक्रम
Teknik Pengukuran dan Pengujian merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi D4 Mesin Otomotif FT UNM pada semester ganjil (3). Capaian Pembelajaran: Mahasiswa terampil menggunakan alat ukur yang digunakan dalam perawatan/perbaikan dalam bidang otomotif. Mata kuliah ini menyediakan metode blended learning, yaitu perpaduan daring dan luring (Praktek di Laboratorium).
Bahasa Inggris Teknik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi D4 Mesin Otomotif FT UNM pada semester ganjil. Capaian Pembelajaran: 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep penggunaan bahasa Inggris yang berkembang dalam bidang ilmu teknik khususnya teknik Otomotif; 2. Mahasiswa memiliki teknik pengembangan terkait peenggunaan bahasa Inggris yang dipakai dalam bidang ilmu teknik Otomotif. Mata kuliah ini menyediakan metode blended learning, yaitu perpaduan luring dan daring.
Matematika adalah ilmu yang sangat berperan dalam bidang rekayasa (engineering) atau perancangan untuk menghasilkan sebuah teknologi demi kemajuan peradaban manusia sebagai bagian utama dari tuntutan perubahan zaman. Oleh sebab itu keberadaan mata kuliah ini sangat vital dan tak bisa dinegasikan terlebih pada bidang ilmu keteknikan. Seluruh pokok-pokok bahasan yang disajikan pada mata kuliah ini tidak saja diperuntukkan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berhitung, akan tetapi bagaimana mahasiswa dapat menerjemahkan persoalan-persoalan yang dihadapi sehari-hari menjadi persamaan matematika sederhana dan menyelesaikannya berdasarkan konsep-konsep yang sudah ada sehingga dengan sendirinya akan mengimprovisasi kemampuan mahasiswa dalam bernalar. Pada tingkatan strata satu (S1) bahasan yang diberikan lebih advance (lanjut) sampai pada menyelesaikan persamaan deferensial, transformsi laplace dan lain-lain, sedangkan pada tingkatan diploma (D4/D3) hanya pada tingkatan dasar dan aplikasinya khususnya pada bidang otomotive.
Bahan Bakar dan Pelumas adalah salah satu mata kuliah inti yang diajarkan pada Prodi Pendidikan Teknik Otomotif untuk semua jenjang strata pendidikan (S1-D4-D3). Matakuliah ini tidak saja berorientasi untuk mengetahui jenis-jenis bahan bakar dan pelumas yang digunakan pada bidang mesin otomotif, tetapi juga mengkaji tentang ketersediaan (cadangan), laju konsumsi dan keberlangsungan bahan bakar itu sendiri serta diversifikasi energi khususnya bahan bakar kendaraan. Dengan demikian pada mata kuliah ini juga akan dibahas perkembangan teknologi pengelolaan dan produksi bahan bakar utamanya yang bersifat dapat diperbaharui (renewable). Agar bahasan dalam matakuliah ini lebih komprehensif dan memperkaya pengetahuan mahasiswa maka karakteristik pembakaran dari bahan bakar juga disertakan dalam pembelajaran mata kuliah ini terutama dampaknya terhadap lingkungan. Secara garis besar pokok-pokok bahasan yang disajikan pada setiap strata adalah sama, yang membedakannya adalah pada strata satu (S1) lebih mengedepankan kajian analitis karakteristik kinerja bahan bakar pada mesin bensin maupun solar sampai pada treatment penggunaan bahan bakar yang menghasilkan kinerja yang tinggi dan emisi yang rendah (teknik pembakaran). Sedangkan pada tingkatan strata Diploma (D4/D3) lebih bersifat pada terapan dan penggunaan berbagai jenis bahan bakar dan implikasinya.
Material teknik membantu kita mempelajari dasar hubungan struktur dan sifat bahan, lalu mendesain struktur bahan tersebut untuk mendapatkan sifat-sifat yang diinginkan. Ada tiga kelas utama pada jenis material teknik, yaitu logam, keramik, dan polimer. Kemudian ada tambahan satu lagi, yaitu material komposit.
Transmisi daya adalah pengiriman daya dari titik pembangkitannya ke tempat ia digunakan untuk melakukan pekerjaan. Transmisi daya hidrolik adalah salah satu metode utama transmisi daya dan diterapkan di banyak sistem permesinan. Bahan Ajar ini ditulis untuk Mata Kuliah Sistem Hidrolik yang cocok untuk mahasiswa Teknik Otomotif D4, tanpa pengetahuan atau pelatihan sebelumnya dalam sistem daya hidrolik, sehingga mereka dapat dengan mudah memahami isinya.
Bahan Ajar ini mencakup dasar-dasar prinsip operasi, fitur konfigurasi, fungsionalitas, dan aplikasi elemen penyusun inti dalam sistem hidrolik tipikal, dan menyajikan bahan-bahan ini secara sistematis. Transmisi energi dalam sistem hidrolik, mulai dari pembangkit listrik hingga distribusi hingga penyebaran, dijelaskan dalam tujuh bab pertama. Bab 1 memperkenalkan konsep dasar dan landasan teori transmisi daya hidrolik. Bab 2 berfokus pada penguraian prinsip dasar dan fitur konfigurasi pompa hidrolik dan menjelaskan cara mengontrol proses pembangkitan daya pada pompa hidrolik tipikal. Bab 3 memberikan penjelasan menyeluruh tentang bagaimana berbagai jenis katup kontrol hidrolik, secara terpisah atau bersama, mengatur proses distribusi daya dalam sistem hidrolik. Manifold hidrolik dan penerapan berbagai jenis konduktor juga diperkenalkan di bab ini sebagai bagian dari pengenalan komponen utama untuk distribusi daya. Bab 4 membahas penyebaran daya baik menggunakan aktuator linier atau putar. Sebagai aplikasi umum, transmisi hidrostatis juga diperkenalkan dalam bab ini. Bab 5 membahas tentang penyimpanan daya serta komponen dan aplikasi regenerasi. Bab 6 memberikan pengantar tentang komponen tambahan, seperti reservoir, filter, segel, dan penukar panas. Cairan hidrolik yang umum digunakan juga diperkenalkan dalam bab ini. Bab 7 menggunakan contoh-contoh untuk menjelaskan bagaimana masing-masing komponen dapat dihubungkan secara berbeda untuk membentuk sirkuit hidrolik dengan fungsi yang berbeda.
Bahan Ajar ini menjelaskan prinsip pengoperasian, fitur konfigurasi, fungsionalitas, dan aplikasi elemen hidrolik inti tanpa berkaitan dengan produk tertentu dari pabrikan tertentu. Semua ilustrasi grafis yang dibuat dalam buku ini dimaksudkan semata-mata untuk tujuan menjelaskan prinsip-prinsip pengoperasian, fitur konfigurasi, atau fungsionalitas elemen atau sistem, dan sangat penting untuk diingat bahwa semua ilustrasi grafis ini tidak dapat digunakan sebagai desain. contoh dalam praktek keteknikan.
Mata kuliah teknologi pembentukan dasar adalah mata kuliah memuat
tentang teknik dan cara membentuk suatu benda dengan menggunakan
peralatan tangan seperti, gergaji, ragum, kikir dan berbagai peralatan
lainya, hal ini dilakukan untuk meningkatakan kemampuan teknik membentuk
secara manual dengan mengutamakan ketelitian disaat melakukan
pengerjaan benda kerja, selanjutnya pada mata kuliah TPD diharapkan
dapat membentuk karakter mahasiswa seperti, kedisiplinan, kejujuran,
ketelitian, kerjasama sehingga berimplikasi terhadap penguatan karakter
mahasiswa untuk menghadapi kehidupan kampus.
Menggambar Teknik adalah mata kuliah semester 1
(satu) dengan beban pelajaran Satuan Kredit Semester 2 (sks) pada Program Studi
Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Mata kuliah menggambar teknik berisikan
materi Pengertian Gambar Teknik, Gambar Bentuk, Penggambaran Khusus, Proyeksi,
Gambar Objek, AutoCad. Kompetensi yang diharapkan setelah mahasiswa selesai
mempelajari mata kuliah menggambar teknik adalah mahasiswa dapat mengetahui pengertian
gambar teknik; pengertian, fungsi, tugas perancang, peralatan gambar, dan
standarisasi gambar; dapat menggambar bentuk; konstruksi geometric, potongan,
bukaan, dan pandangan; Penggambaran Khusus; cara menggambar khusus, penunjukan
ukuran, toleransi, dan konfigurasi permukaan, dapat menggambar bidang proyeksi;
piktorial, ortogonal; menggambar objek; gambar ulir, gambar pegas, roda gigi
dan bantalan; dapat menggunakan aplikasi AutoCad; pengenalan autocad,
menggambar bentuk dasar, menggambar bentuk 2D dan 3D.