19 Courses
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian BK dengan bobot 4 sks. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang konsep dasar penelitian pendidikan,
pendekatan dan metode penelitian, identifikasi dan perumusan masalah,
anggapan dasar, hipotesis dan pertanyaan penelitian, definisi operasional
variabel penelitian, populasi dan sampel penelitian, instrumen dan proses
pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.
Bismillahi Rahmani Rahim
Assalamu Alaikum Wr Wb
Selamat datang di mata kuliah Bimbingan dan konseling Belajar. Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar bimbingan belajar yang meliputi latar belakang dan isu-isu belajar, fungsi, manfaat, tujuan, langkah-langkah dan isi bimbingan belajar, konsep tentang gaya belajar, permasalahan belajar, dan berbagai keterampilan pokok belajar (meliputi keterampilan mencatat, menghafal, mempersiapkan ujian, mengerjakan tes, mengatasi kejenuhan, membangkitkan motivasi belajar, dan bimbingan kelompok belajar), serta penilaian kebutuhan belajar siswa. Prosedur diagnosis kesulitan belajar yang meliputi identifikasi kasus, identifikasi masalah, identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, prognosis dan remedial, serta prosedur pengajaran remedial.
Selamat datang pada kelas daring untuk mata kuliah Dasar-Dasar Bimbigan dan Konseling. Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mengetahui sejarah dan urgensi perkembangan Bimbingan dan Konseling; konsep dasar bimbingan dan konseling, ruang lingkup, tujuan bimbingan dan konseling, azas-azas bimbingan dan konseling, sejarah perkembangan bimbingan dan konseling, latar belakang perlunya bimbingan dan konseling, prinsip-prinsip dan fungsi bimbingan dan konseling, landasan bimbingan dan konseling, pendekatan, metode dan teknik bimbingan dan konseling, penyusunan program bimbingan dan konseling, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling, macam-macam problem dalam bimbingan dan konseling, peran guru bimbingan dan konseling, dan peran agama dalam bimbinga.
86201 - 2020/2021 Ganjil
Bismillahi Rahmani Rahim
Assalamu Alaikum Wr Wb
Selamat datang di mata kuliah Bimbingan dan konseling Belajar. Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar bimbingan belajar yang meliputi latar belakang dan isu-isu belajar, fungsi, manfaat, tujuan, langkah-langkah dan isi bimbingan belajar, konsep tentang gaya belajar, permasalahan belajar, dan berbagai keterampilan pokok belajar (meliputi keterampilan mencatat, menghafal, mempersiapkan ujian, mengerjakan tes, mengatasi kejenuhan, membangkitkan motivasi belajar, dan bimbingan kelompok belajar), serta penilaian kebutuhan belajar siswa. Prosedur diagnosis kesulitan belajar yang meliputi identifikasi kasus, identifikasi masalah, identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, prognosis dan remedial, serta prosedur pengajaran remedial.
Bismillahi Rahmani Rahim
Assalamu Alaikum Wr Wb
Selamat datang di mata kuliah Teori dan Praktek Konseling Postmodern . Pada mata kuliah ini akan diampu oleh 2 orang dosen yaitu:
1. Dr. Farida Aryani, M.Pd
2. Suciani Latif, M. Pd
Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari tentang konseling postmodern yang dijabarkan dalam; Konsep konseling dan psikoterapi dalam tinjauan filosofi postmodern, Tokoh-tokoh konseling postmodern, Konseling Singkat berfokus solusi, dan konseling naratif serta praktik konseling SFBC dan Naratif.
Bismillahi Rahmani Rahim
Assalamu Alaikum Wr Wb
Selamat datang di mata kuliah Bimbingan dan konseling Kelompok . Pada mata kuliah ini akan diampu oleh 2 orang dosen yaitu:
1. Dr. Sulaiman Samad, M. Si
2. Suciani Latif, M. Pd
Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari berbagai strategi, metode dan teknik yang dapat digunakan untuk membantu individu melalui situasi kelompok. Selain itu, mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan strategi, metode dan teknik BK kelompok secara kreatif, sesuai dengan karakteristik individu yang dibantu serta kondisi lingkungan sosial budaya.
Bismillahirahmanirahim
Assalamu Alaikum Wr. Wb
Selamat datang pada mata kuliah Keterampilan Komunikasi . Mata kuliah diampu oleh 2 dosen pengajar yakni
1. Dr. Sulaiman Samad, M.Si
2. Suciani Latif, S.Pd, M.Pd
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang pemahaman keterampilan komunikasi antarpribadi secara efektif, yang dijabarkan dalam; konsep-konsep dasar komunikasi antarpibadi, jenis-jenis ketrampilan antarpribadi, dan komunikasi antarpribadi dalam layanan bimbingan konseling
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian
karya tulis ilmiah, fungsi, jenis-jenis, manfaat, dan tahapan dalam menyusun
karya ilmiah. Memahami etika-etika dalam menyusun karya tulis ilmiah, serta
mengembangkan karya tulis ilmiah dimulai dari pemilihan topik dan masalah,
penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data,
pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika
penulisan skripsi, artikel, makalah, laporan penelitian, dan PKM
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian
karya tulis ilmiah, fungsi, jenis-jenis, manfaat, dan tahapan dalam menyusun
karya ilmiah. Memahami etika-etika dalam menyusun karya tulis ilmiah, serta
mengembangkan karya tulis ilmiah dimulai dari pemilihan topik dan masalah,
penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data,
pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika
penulisan skripsi, artikel, makalah, laporan penelitian, dan PKM
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian
karya tulis ilmiah, fungsi, jenis-jenis, manfaat, dan tahapan dalam menyusun
karya ilmiah. Memahami etika-etika dalam menyusun karya tulis ilmiah, serta
mengembangkan karya tulis ilmiah dimulai dari pemilihan topik dan masalah,
penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data,
pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika
penulisan skripsi, artikel, makalah, laporan penelitian, dan PKM
Perkembangan peserta didik bertujuan untuk mengembangkan
kemampuan mahasiswa memahami hakikat
pertumbuhan dan perkembangan anak mulai sejak usia sekolah dasar, menengah dan
dewasa. Memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahap-tahap
perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan
manusia dalam implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan dari usia anak,
remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin terjadi
pada setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan.
Serta mampu mengembangkan program belajar/kegiatan sebagai solusi dalam
mengatasi masalah di setiap tugas perkembangan manusia (anak, remaja dan
dewasa).
Mata kuliah ini mempelajari tentang bimbingan
dan konseling klasikal yang dijabarkan dalam; kebijakan dan konsep BK Klasikal,
Tujuan, prinsip dan asas-asas BK Klasikal, Menyusun program BK Klasikal,
mengembangkan perangkat dan media BK Klasikal
Mata kuliah ini mempelajari tentang bimbingan
dan konseling klasikal yang dijabarkan dalam; kebijakan dan konsep BK Klasikal,
Tujuan, prinsip dan asas-asas BK Klasikal, Menyusun program BK Klasikal,
mengembangkan perangkat dan media BK Klasikal
Mata kuliah ini mempelajari tentang bimbingan
dan konseling klasikal yang dijabarkan dalam; kebijakan dan konsep BK Klasikal,
Tujuan, prinsip dan asas-asas BK Klasikal, Menyusun program BK Klasikal,
mengembangkan perangkat dan media BK Klasikal