Global searching is not enabled.
Skip to main content

32 Courses

Bahasa Indonesia PGPAUD A
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0014028002 SUARNI SYAM SAGUNI

Bahasa Indonesia PGPAUD A

Mata kuliah Bahasa Indonesia ini berisi materi kebahasaan yang menunjang konpetensi pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar, sehingga dapat dijadikan sebagai pendukung utama mahasiswa dalam melaksanakan tugas keilmuan. Secara garis besar materi perkuliahan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Sejarah dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa, Ejaan Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Paragraf, Membaca Kritis, Menelaah Dunia Pustaka, Retorika, Presentasi ilmiah, Teks Akademik, Mendesain Proposal Penelitian, Melaporkan Hasil Penelitian, dan Artikel Ilmiah.


Bahasa Indonesia PGPAUD C
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0014028002 SUARNI SYAM SAGUNI

Bahasa Indonesia PGPAUD C

Mata kuliah Bahasa Indonesia ini berisi materi kebahasaan yang menunjang konpetensi pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar, sehingga dapat dijadikan sebagai pendukung utama mahasiswa dalam melaksanakan tugas keilmuan. Secara garis besar materi perkuliahan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Sejarah dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa, Ejaan Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Paragraf, Membaca Kritis, Menelaah Dunia Pustaka, Retorika, Presentasi ilmiah, Teks Akademik, Mendesain Proposal Penelitian, Melaporkan Hasil Penelitian, dan Artikel Ilmiah.


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2014026601 MUHAEMIN B

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mata kuliah ini diselenggarakan secara daring (online) dengan materi perkuliahan tentang Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah PAI merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat pada Mata Kuliah Umum (MKU) di Perguruan Tinggi Umum. Dimana Mata kuliah ini membahas beberapa bahan kajian sebagai berikut: Bagaimana Mempelajari Islam di Perguruan Tinggi, Bagaimana Manusia Bertuhan, Bagaimana Agama Menjamin Kebahagiaan, Bagaimana Mengintegrasikan Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk Insan Kamil, Bagaimana Membangun Paradigma Qur’ani untuk Kehidupan Modern, Bagaimana Membumikan Islam di Indonesia, Bagaimana Islam Membangun Persatuan dan Keberagaman, Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi, Bagaimana Kontribusi Islam Dalam Pengembangan Peradaban Dunia, Bagaimana Pengembangan Budaya Islam melalui Masjid Kampus, dan Bagaimana Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamin. Mahasiswa diajak untuk memahami ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan dua pedoman utama yaitu Al-Qur’an dan Hadis yang dihubungkan dalam kehidupan nyata di era sekarang. Berbagai permasalahan dalam hidup yang dihadapi oleh setiap manusia menjadikannya harus memiliki bekal dalam menghadapinya. PAI diharapkan mampu memberikan pegangan dalam membentuk karakter yang baik . hal ini menyentuh kehidupannya secara individu maupun sosialnya. Sikap Spiritual. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai pola hidup dalam konteks akademik, dan/atau profesi. Sikap Sosial. Mengembangkan perilaku (jujur, sportif, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta menggunakannya pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya.

20201 PEMBELAJARAN FISIK MOTORIK ANAK (2018-A)
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0029048302 HERMAN

20201 PEMBELAJARAN FISIK MOTORIK ANAK (2018-A)

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang konsep perkembangan fisik motorik anak,fungsi dan tahapan perkembangan motorik, pertumbuhan dan perkembangan, kemampuan motorik kasar  dan halus, handedness,  permasalhan dalam perkembangan fisik motorik, peran guru dalam mengembangkan fisik motorik, sarana dan pra sarana pengembangan fisik motorik. Rancangan program pengembangan dan permainan kreatif perkembangan fisik motorik, dan standar capaian perkembangan fisik motorik AUD.

NEUROSAINS
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024047505 MUHAMMAD AKIL MUSI

NEUROSAINS

Matakuliah ini adalah membahas tentang perkembangan otak anak

BIMBINGAN KONSELING AUD
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2127118804 A. SRI WAHYUNI ASTI

BIMBINGAN KONSELING AUD

Dalam Perkuliahan ini dibahas tentang menjelaskam psikologi konseling, menjelaskan Teori-teori konseling, menjelaskan psikologi konseling di lingkungan pendidikan, menjelaskan psikologi pendidikan di lingkup PAUD, memahami orang tua dan guru sebagai konselor anak-anak PAUD, memahami perilaku bermasalah anak-anak PAUD, memahami tahap-tahap bimbingan koneling, mampu menjadi konselor AUD yang andal. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui penugasan, tes (objektif), dan UAS.

DR. KARTINI MARZUKI,M.Si
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0022036904 KARTINI MARZUKI

DR. KARTINI MARZUKI,M.Si

Mata kuliah ini meliputi kajian tentang hakikat manusia dan pengembangannya; pengertian dan unsur-unsur pendidikan; landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya; pengertian, fungsi, dan jenis lingkungan pendidikan; aliran-aliran pendidikan; permasalahan pendidikan; sistem pendidikan nasional; pendidikan dan pembangunan. 

20201. PENGEMBANGAN APE
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2127118804 A. SRI WAHYUNI ASTI

20201. PENGEMBANGAN APE

Mata kuliah pengembangan alat permainan edukatif merupakan mata kuliah keilmuan dan keterampilan yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Strata Satu (S1) pada program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar. Mata Kuliah ini berisi landasan pengetahuan praktis untuk membekali calon tenaga pendidik yang berkaitan dengan pembuatan media dan sumber belajar,  serta penggunaan media dan sumber belajar dalam pembelajaran anak usia dini.

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0002047409 ARIFIN MANGGAU

20201. SENI BUDAYA DAN KREATIF

Mata  kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi yang terkait dengan pembelajaran seni dan  permainan tradisional yang menyangkut konsep dan keahlian di bidang seni musik, seni gerak dan lagu, seni rupa dan permainan tradisional untuk anak usia dini.

subtansi kajian juga tidak terlepas dari materi yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon pendidik yang ahli, profesional dan berkarakter melalui pembelajaran seni musik, seni gerak dan lagu, seni rupa dan permainan tradisional untuk anak usia dini yang dapat menjadi motivator pengembangan seni dan permainan tradisional untuk anak di PGPAUD setelah peserta didik menjadi tenaga pengajar pada jenjang pendidikan anak anak usia dini

20201. PSIKOLOGI PENDIDIKAN
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024047505 MUHAMMAD AKIL MUSI

20201. PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Mata kuliah ini mengkaji tentang pentingnya ilmu psikologi dalam proses belajar mengajar dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan. Mahasiswa juga memberikan pemahaman dan pemahaman tentang faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik, pemahaman mengenai proses belajar, kondisi-kondisi yang terkait dengan kemampuan belajar. penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini juga menguasai melalui penungasan dan teks tertulis (objektif).

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0017097802 RUSMAYADI

20202. PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dengan memberi bekal kepada mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dengan wawasan pendidikan yang benar. Sajian mata kuliah ini meliputi teori pendidikan dan aspek-aspeknya

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0002047409 ARIFIN MANGGAU

20201. PEMBELAJARAN SENI RUPA

Mata kuliah ini berisi pokok bahasan terkait tentang materi yang berkaitan pembelajaran seni yang menyangkut pengetahuan, penciptaan karya seni rupa untuk anak usia dini.

subtansi kajian  yang tidak terlepas dari materi yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon pendidik yang profesional dan berkarakter melalui pembelajaran seni rupa dapat menjadi motivator pengembangan seni rupa untuk anak di PGPAUD setelah peserta didik menjadi tenaga pengejaran pada jenjang pendidikan anak usia dini

20201. PEMBELAJARAN SAINS AUD
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0027127803 MUHAMMAD YUSRI BACHTIAR

20201. PEMBELAJARAN SAINS AUD

Dalam perkuliahan ini bahas tentang perkembangan konsep anak, ruang lingkup program pengembangan sains, faktor-faktor yang mempengaruhinya, permasalahan perkembangan sains anak dan standar perkembangan sosial emosional. Pada mata kuliah ini, mahasiswa juga diberikan pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran sains AUD sesuai usia perkembangannya. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini melalui penugasan, praktek pembuatan rancangan pembelajaran sains untuk AUD, dan tes tertulis (Objektif).

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0017097802 RUSMAYADI

20201. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

20201. NEUROSAINS
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024047505 MUHAMMAD AKIL MUSI

20201. NEUROSAINS

Mata kuliah neurosains merupakan mata kuliah keilmuan dan keterampilan yang wajib di ambil oleh seluruh mahasiswa, strata S1 pada program studi pendidikan guru prndidikan anak usia dini. universitas negeri makassar. mata kuliah berisi pengetahuan yang baik secara teoritis maupun praktis untuk membekali calon tenaga pendidik pengetahuan yang berkaitan dengan konsep ahli saraf untuk mengembangkan keterampilan berpikir, optimalisasi otak dan stimulasi permainan dalam mengaktivasi otak pada anak. 

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0013026105 PARWOTO

20201 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Melalui mata kuliah ini dibahas konsep dasar tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang meliputi anak dengan gangguan komunikasi, gangguan kognitif, gangguan sensory, gangguan orthopedik dan kesehatan, gangguan perilaku/sosial emosi dan gangguan tidak terklasifikasi. Dalam pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, dibahas konsep tentang pendidikan inklusi dan pendekatan pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam seting pendidikan reguler/pembelajaran adaptif.


86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0002047409 ARIFIN MANGGAU

20201.PEMBELAJARAN SENI GERAK DAN LAGU

Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi yang terkait dengan pembelajaran seni rupa yang menyangkut pengetahuan, penciptaan, penyajian gerak dan lagu anak usia dini.

subtansi kajian juga tidak terlepas dari materi yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon pendidik yang profesional dan berkarakter melalui pembelajaran gerak dan lagu dapat menjadi motivator pengembangan seni gerak dan lagu untuk anak di PGPAUD setelah peserta didik menjadi tenaga pengajar pada jenjang pendidikan Anak Usia Dini.

20201.KONSEP DASAR AUD
86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0027127803 MUHAMMAD YUSRI BACHTIAR

20201.KONSEP DASAR AUD

Mata kuliah Konsep Dasar AUD merupakan mata kuliah keilmuan yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Strata Satu (S1) pada program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar. Mata Kuliah ini berisi penjelasan garis besar tentang PAUD, hakikat PAUD, sejarah PAUD, teori-teori yang berhubungan dengan PAUD, perkembangan anak, hakikat belajar anak usia dini, pembelajaran anak usia dini, lingkungan dan model-model pembelajaran AUD, asesmen pembelajaran AUD, kelembagaan dan masalah pengembangan PAUD. 

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0013026105 PARWOTO

20201.Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

Mata kuliah model pembelajaran AUD merupakan mata kuliah keilmuan dan keterampilan yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Strata Satu (S1) pada program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar. Mata Kuliah ini berisi landasan pengetahuan baik secara teoritis maupun praktis untuk membekali calon tenaga pendidik pengetahuan dan pengalaman yang berkaitan dengan konsep dasar asesmen perkembangan anak usia dini, jenis-jenis asesmen, dan langah-langkah penyusunan, pengolahan, serta pelaporan hasil asesmen perkembangan anak usia dini

86207 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0017097802 RUSMAYADI

DO2C410 Perkembangan Peserta Didik


Perkembangan peserta didik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik mulai sejak usia dini, sekolah dasar, menengah dan dewasa. Memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahap-tahap perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan manusia dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan dari usia anak, remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin terjadi pada setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan. Serta mampu mengembangkan program belajar/kegiatan sebagai solusi dalam mengatasi masalah di setiap tugas perkembangan manusia (anak, remaja dan dewasa).