البحث الشامل غير مفعل
تجاوز إلى المحتوى الرئيسي

18 المقررات الدراسية

معلم: 0031126508 MUSTARI

Kelas Pancasila ( Pendidikan Sejarah )

Mata Kuliah ini Membahas tentang landasan Pendidikan Pancasila

 Tujuan Pendidikan Pancasila, Hakekat Mempelajari Pancasila, Pemahaman Pancasila secara etimologis, Historis dan Terminologis. Pemahaman tentang Pembukaan UUD 1945 serta Kajian Pancasila dalam berbagai perspektif.



معلم: 0031126023 MUHAMMAD GUNTUR

KEWIRAUSAHAAN pendidikan antropologi

Memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perilaku dan sikap kewirausahaan   melalui teori-teori yang mendukungnya serta contoh-contoh aplikasi nyata di dunia usaha. Dengan harapan agar peserta mampu membaca peluang-peluang usaha yang pada akhirnya didorong untuk mempunyai jiwa  wirausaha dan mempunyai minat untuk berwirausaha, yang digambarkan dalam rencana usaha atau proposal usaha. Proposal usaha yang dibuat mengacu pada pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Dikti 2020

معلم: 0031126023 MUHAMMAD GUNTUR

KEWIRAUSAHAAN (KELAS IPS)

Mata kuliah kewirausahaan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perilaku dan sikap kewirausahaan  melalui teori-teori yang mendukungnya serta contoh-contoh aplikasi nyata di dunia usaha. Dengan harapan agar peserta mampu membaca peluang-peluang usaha yang pada akhirnya didorong untuk mempunyai jiwa  wirausaha dan mempunyai minat untuk berwirausaha, yang digambarkan dalam rencana usaha atau proposal usaha. Proposal usaha yang dibuat mengacu pada pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Dikti 2020

معلم: 0915107101 BAKHTIAR

20201 PENDIDIKAN PANCASILA

MK Pedidikan Pacasila

معلم: 0014027505 HERMAN

20201 Pengantar Statistik Sosial

Assalamu Alaikum Warah Matullahi Wabarakatuh

Perkenalkan saya Dr. Herman, S.Pd., M.Si. sebagai dosen pengampu mata kuliah Statistik  Sosial. Kami berharap kita akan dapat bekerjasama secara optimal berbagi pengetahuan dan pengalaman secara menyenangkan. Kami telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya wawasan ananda mahasiswa mengenai mata kuliah ini. Termasuk kegiatan praktek dilapangan,  observasi yang dilakukan secara mandiri dengan mengikuti kuliah dari aplikasi SYAM OK yang akan dilakukan. Jika ada kendala silahkan hubungi kami lewat email herman7505@unm.ac.id atau kontak HP 081342733458

Selamat belajar, semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kesempatan untuk mengitu perkuliahan ini dengan optimal, Tuhan selalu bersama kita semua,

Dekripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini menyiapkan Mahasiswa dalam tataran praktis, melaksanakan pendeskripsian suatu aspek hingga pengambilan kesimpulan gejala-gejala yang muncul di kehidupan nyata terutama dalam kehidupan di MasyarakatMahasiswa dapat memanfaatkan metode statistik untuk kepentingan mahasiswa sendiri dengan penyajian data, pengolahan hingga pengambilan kesimpulan tentang data tersebut


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan konsep dasar-dasar sistem kekerabatan dan organisasi sosial, kemudian mengembangkannya menjadi rancangan paper analisis sistem kekerabatan dan organisasi sosial untuk memecahkan problematika manusia, masyarakat, kebudayaan, dan potensi-potensi perubahan sosial budaya serta dampak-dampaknya yang kompleks. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa lebih lanjut diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar konsep dasar-dasar sistem kekerabatan dan organisasi sosial.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi dasar dan konsep-konsep sistem kekerabatan dan organisasi sosial; (2) dimensi konseptual mengenai dasar biologis tingkah laku manusia (Homo sapiens), asal mula dan perkembangan keluarga, hidup bermasyarakat, membangun pranata sosial, prinsip-prinsip kekerabatan, bentuk-bentuk kelompok, adat istiadat dan pengendalian sosial, masalah-masalah dalam kelompok kerabat, perkembangan masyarakat dan kebudayaan, masyarakat hukum adat, kehidupan masyarakat primitif, dan pola sistem organisasi sosial beserta budaya organisasi pada masyarakat modern dan teknologi serta dampak-dampaknya; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus menyusun rancangan paper analisis sistem kekerabatan dan organisasi sosial untuk memecahkan problematika manusia, masyarakat, kebudayaan, dan potensi-potensi perubahan sosial budaya serta dampak-dampaknya yang kompleks; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar konsep-konsep sistem kekerabatan dan organisasi sosial.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) Homo sapiens dan dasar-dasar biologis tingkah laku manusia serta nalurinya untuk hidup berkelompok, meliputi: bahasa, komunikasi, interaksi, dan motif/dorongan sosial; (2) asal mula dan perkembangan keluarga manusia serta lahirnya kehidupan kolektif dan masyarakat; (3) konsep dasar sistem sosial, teori kelompok sosial, tipe-tipe kelompok sosial, serta struktur dan stratifikasi sosial; (4) konsepsi pranata sosial, lembaga sosial, dan kepemimpinan dalam masyarakat; (5) pemahaman tentang sistem kekerabatan, prinsip, bentuk, dan ikatan kekerabatan; (6) adat istiadat dan pengendalian sosial, melingkupi: nilai sosial budaya, norma, asas, dan hukum; (7) konsepsi keluarga, adab pemilihan jodoh, pola perkawinan, dan adab menetap setelah perkawinan; (8) masalah-masalah dalam kelompok kerabat, meliputi: masalah pribadi, keluarga, harta kekayaan, warisan, negara, dan penyelewengan; (9) perkembangan masyarakat dan kebudayaan, terdiri atas: konsepsi masyarakat majemuk, masyarakat asli, masyarakat adat, dan kehidupan masyarakat primitif; (10) pola perikehidupan kelompok manusia dalam sistem organisasi sosial dan budaya organisasi; (11) pola wewenang, kekuasaan, dan kepemimpinan dalam organisasi sosial; (12) masyarakat modern dan teknologi serta dampak pertumbuhannya bagi sistem kekerabatan dan organisasi sosial.

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Dasar-Dasar Antropologi - Sosio. B - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Dasar-Dasar Antropologi, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Sosiologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan konsep dasar-dasar antropologi, kemudian mengembangkannya menjadi rancangan paper analisis antropologi terfokus dan/atau lintas kajian antropologis biologis, linguistis, arkeologis, dan/atau sosial budaya untuk memecahkan problematika hidup atas dasar kemanusiaan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa lebih lanjut diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar prinsip-prinsip antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi dasar dan konsep-konsep antropologi serta metode penelitiannya; (2) dimensi konseptual mengenai dasar dan keilmuan antropologi, evolusi biologi, identifikasi makhluk manusia, masalah rasial, kehidupan sosial dan budaya, unsur kebudayaan, sistem nilai dan norma, perubahan sosial budaya, serta pengenalan metode penelitian dalam antropologi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus menyusun rancangan paper analisis antropologi terfokus dan/atau lintas kajian antropologi biologis, linguistis, arkeologis, dan/atau sosial budaya untuk memecahkan problematika hidup atas dasar kemanusiaan; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar prinsip-prinsip antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) antropologi sebagai ilmu dan studi tentang makhluk manusia; (2) sejarah dan perkembangan/dinamika keilmuan antropologi; (3) istilah-istilah dan beberapa nama untuk menyebut antropologi beserta sub-subbidang keilmuannya; (4) hubungan antara antropologi dengan ilmu-ilmu lainya; (5) evolusi biologis, pemikiran asal-usul manusia, dan identifikasi makhluk manusia; (6) aneka warna ras manusia dan masalah rasial; (7) manusia sebagai makhluk sosial hidup berkelompok dan menghasilkan budaya; (8) warna kepribadian manusia beserta hubungannya dengan budaya dan keragaman individu; (9) unsur kebudayaan universal, sifat, dan bentuknya, serta sistem nilai, norma, dan adat istiadat; (10) perubahan sosial budaya; (11) mengenal metode penelitian bidang antropologi biologi/ragawi; (12) mengenal metode penelitian bidang antropologi sosial budaya; dan (13) kontribusi antropologi bagi pemecahan problematika hidup atas dasar kemanusiaan.

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Dasar-Dasar Antropologi - Sosio. A - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Dasar-Dasar Antropologi, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Sosiologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan konsep dasar-dasar antropologi, kemudian mengembangkannya menjadi rancangan paper analisis antropologi terfokus dan/atau lintas kajian antropologis biologis, linguistis, arkeologis, dan/atau sosial budaya untuk memecahkan problematika hidup atas dasar kemanusiaan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa lebih lanjut diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar prinsip-prinsip antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi dasar dan konsep-konsep antropologi serta metode penelitiannya; (2) dimensi konseptual mengenai dasar dan keilmuan antropologi, evolusi biologi, identifikasi makhluk manusia, masalah rasial, kehidupan sosial dan budaya, unsur kebudayaan, sistem nilai dan norma, perubahan sosial budaya, serta pengenalan metode penelitian dalam antropologi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus menyusun rancangan paper analisis antropologi terfokus dan/atau lintas kajian antropologi biologis, linguistis, arkeologis, dan/atau sosial budaya untuk memecahkan problematika hidup atas dasar kemanusiaan; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik rancangan penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang sederhana berdasar prinsip-prinsip antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) antropologi sebagai ilmu dan studi tentang makhluk manusia; (2) sejarah dan perkembangan/dinamika keilmuan antropologi; (3) istilah-istilah dan beberapa nama untuk menyebut antropologi beserta sub-subbidang keilmuannya; (4) hubungan antara antropologi dengan ilmu-ilmu lainya; (5) evolusi biologis, pemikiran asal-usul manusia, dan identifikasi makhluk manusia; (6) aneka warna ras manusia dan masalah rasial; (7) manusia sebagai makhluk sosial hidup berkelompok dan menghasilkan budaya; (8) warna kepribadian manusia beserta hubungannya dengan budaya dan keragaman individu; (9) unsur kebudayaan universal, sifat, dan bentuknya, serta sistem nilai, norma, dan adat istiadat; (10) perubahan sosial budaya; (11) mengenal metode penelitian bidang antropologi biologi/ragawi; (12) mengenal metode penelitian bidang antropologi sosial budaya; dan (13) kontribusi antropologi bagi pemecahan problematika hidup atas dasar kemanusiaan.

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Evaluasi Pembelajaran Antropologi - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Evaluasi Pembelajaran Antropologi, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan konsep dasar pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran antropologi, kemudian mengembangkannya menjadi rancangan penilaian sikap, keterampilan, serta menyusun kisi-kisi dan membuat soal tes antropologi. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa lebih lanjut diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan praktik mengoreksi, menskor, dan menganalisis butir soal antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi pengukuran, penilaian, dan evaluasi; (2) dimensi konseptual mengenai dasar-dasar pengukuran, penilaian dan evaluasi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus merancang penilaian sikap, keterampilan, serta menyusun kisi-kisi dan membuat soal tes antropologi; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik mengoreksi, menskor, dan menganalisis butir soal antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) konsep dasar, lingkup, dan karakteristik pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran antropologi; (2) dimensi proses kognitif dan pengetahuan dalam evaluasi pembelajaran antropologi; (3) pendekatan, fungsi, jenis, dan prinsip penilaian; (4) penilaian otentik dalam pembelajaran antropologi; (5) perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam evaluasi pembelajaran antropologi; (6) teori penilaian tes; (7) teknik menyusun kisi-kisi dan menulis soal antropologi; (8) praktik mengoreksi, menskor, dan menganalisis butir soal antropologi; dan (9) perancangan program pengayaan dan remidial pembelajaran antropologi.

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Belajar dan Pembelajaran - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Belajar dan Pembelajaran, memiliki bobot/beban studi 3 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan dasar, pendekatan dan teori belajar dan pembelajaran serta faktor-faktor yang memengaruhi belajar dan pembelajaran, kemudian mengembangkannya menjadi proposal penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat. Berbekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa selanjutnya diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan pengkajian belajar dan pembelajaran.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi belajar, pembelajaran dan faktor-faktor yang memengaruhinya; (2) dimensi konseptual mengenai dasar-dasar belajar, pembelajaran, dan faktor-faktor yang memengaruhinya; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus kajian belajar dan pembelajaran; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif kajian belajar dan pembelajaran.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) konsep dasar belajar yang terdiri atas: pengertian, makna, hakikat, prinsip, tujuan, ciri-ciri, serta perkembangan belajar; (2) konsep dasar pembelajaran yang terdiri atas: pengertian, makna, hakikat, unsur-unsur, ciri, dan prinsip pembelajaran; (3) pendekatan dan teori-teori belajar, seperti: behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme, dan sibernetika; (4) pendekatan dan teori-teori pembelajaran, seperti: pendekatan konsep dan proses, deduktif-induktif, ekspositoris-heuristis, kontekstual, serta pandangan-pandangan perkembangan anak; (5) faktor yang memengaruhi belajar dan pembelajaran, antara lain: kompetensi guru, media dan sumber belajar, motivasi belajar, minat belajar, kejenuhan belajar, kesulitan belajar, perbedaan kemampuan belajar, kesiapan belajar, disiplin belajar, keaktivan belajar, dan dukungan orang tua; (6) sumber belajar, seperti: pengertian, macam-macam, dan manfaat sumber belajar; dan (7) hasil belajar, yaitu: pengertian, jenis-jenis, kondisi, dan masalah-masalah belajar.

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 

 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Kajian Kurikulum Antropologi - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Kajian Kurikulum Antropologi, memiliki bobot/beban studi 3 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan dasar, desain, dan pengembangan kurikulum untuk melakukan pengkajian dan penelaahannya di bidang antropologi, serta mengembangkannya menjadi proposal penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat. Berbekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa selanjutnya diharapkan mampu bersikap sistemik untuk melakukan pengkajian kurikulum dan telaah buku teks antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi kurikulum dan kajian terhadap buku teks antropologi; (2) dimensi konseptual mengenai dasar-dasar kurikulum, desain, pengembangan, sejarah dan perkembangan kurikulum antropologi di Indonesia, serta buku teks antropologi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus kajian dan telaah kurikulum dan buku teks antropologi; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif kajian dan telaah kurikulum dan buku teks antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) pengantar dasar kurikulum; (2) landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis kurikulum; (3) desain dan tujuan kurikulum; (4) konten dan organisasi kurikulum; (5) implementasi dan evaluasi kurikulum; (6) sejarah dan perkembangan kurikulum di Indonesia; (7) kurikulum 2013; (8) sejarah dan perkembangan kurikulum antropologi di Indonesia secara umum; (9) sejarah dan perkembangan kurikulum antropologi secara khusus di pendidikan dasar dan menengah di Indonesia; (10) kajian terhadap buku teks antropologi; dan (11) telaah dan evaluasi buku teks antropologi. 

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Strategi dan Media Pembelajaran Antropologi - Kelas B/15F - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Strategi dan Media Pembelajaran Antropologi, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.

 

Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan dasar pembelajaran antropologi, potensi perkembangan intelektual peserta didik, konsep-konsep strategi pembelajaran dan sumber-sumber belajar antropologi, serta teknologi dan media pembelajaran antropologi. Atas bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, lebih lanjut mahasiswa mampu bersikap sistemik menyusun rancangan pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi serta program pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi strategi dan media pembelajaran antropologi; (2) dimensi konseptual mengenai klasifikasi dan kategorisasi strategi dan media pembelajaran antropologi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus strategi dan media pembelajaran antropologi; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik merancang pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi serta program pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) konsep dasar pembelajaran antropologi; (2) potensi peserta didik dan perkembangan intelektualnya; (3) teori-teori belajar dan multi-intelegensi pada peserta didik; (4) konsep dasar strategi pembelajaran dan sumber-sumber belajar; (5) sumber-sumber belajar antropologi dan pengembangannya; (6) konsep dasar teknologi dan media pembelajaran; (7) pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi; dan (8) pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi. 

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id 


معلم: 0002038305 DIMAS ARIO SUMILIH

Strategi dan Media Pembelajaran Antropologi - Kelas A/19F - Gs.2020

Identitas mata kuliah:

Strategi dan Media Pembelajaran Antropologi, memiliki bobot/beban studi 2 SKS yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Antropologi.


Capaian pembelajaran:

Mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas serta terampil menerapkan dasar pembelajaran antropologi, potensi perkembangan intelektual peserta didik, konsep-konsep strategi pembelajaran dan sumber-sumber belajar antropologi, serta teknologi dan media pembelajaran antropologi. Atas bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, lebih lanjut mahasiswa mampu bersikap sistemik menyusun rancangan pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi serta program pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi.

 

Dimensi pengetahuan yang dibangun:

(1) dimensi faktual tentang terminologi strategi dan media pembelajaran antropologi; (2) dimensi konseptual mengenai klasifikasi dan kategorisasi strategi dan media pembelajaran antropologi; (3) dimensi prosedural berhubungan dengan keterampilan khusus strategi dan media pembelajaran antropologi; dan (4) dimensi metakognitif terkait pengetahuan strategik operasi kognitif praktik merancang pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi serta program pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi.

 

Pokok-pokok pembahasan:

(1) konsep dasar pembelajaran antropologi; (2) potensi peserta didik dan perkembangan intelektualnya; (3) teori-teori belajar dan multi-intelegensi pada peserta didik; (4) konsep dasar strategi pembelajaran dan sumber-sumber belajar; (5) sumber-sumber belajar antropologi dan pengembangannya; (6) konsep dasar teknologi dan media pembelajaran; (7) pemetaan strategi dan media pembelajaran antropologi; dan (8) pengembangan perpustakaan dan laboratorium antropologi. 

 

Kontak pengajar:

Dimas Ario Sumilih/NIP 198303022015041001, dapat dihubungi melalui no. HP/Watshapp 081328142755, dengan alamat surel: dimas.ario.sumilih@unm.ac.id