30 Courses
Mata kuliah Model-Model Pembelajaran akan memberikan pemehaman kepada mahasiwa mengenai konsep pelatihan, Pelatihan sebagai program PNF, Pelatihan partisipatif, Model pelatihan berbasis tujuan, Model pelatihan berbasis kompetensi, Model pelatihan berbasis lapangan, dan Tatacara mendesain program pelatihan
Mata kuliah Evaluasi Program PNF memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Konsep dasar evaluasi PNF, Peran Evaluasi PNF, komponen evaluasi PNF, Prosedure Evaluasi Program PNF, Instrumen evaluasi Program PNF, merancang kegiatan Evaluasi Program PNF.
Matakuliah ini diorentasikan pada pemilikan dasar-dasar kemampuan melaksanakan penelitian kualitatif, mencakup pemahaman tentang ciri khas/karakteristik penelitian kualitatif, aspek yang berkait dengan pengumpulan data kualitatif, analisis dan interpretasi data kualitatif, kredibilitas data, serta desain/strategi penelitian kualitatif yang umum digunakan.
Matakuliah ini diorentasikan pada pemilikan dasar-dasar kemampuan seorang agen pembaru (the change agent) yang menguasai konsep dasar difusi inovasi dan relevansinya dengan profesi PNF, memahami proses pengembangan dan keputusan inovasi, konsep kecepatan adopsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi, memahami kategori adopter, peran agen pembaharu, dan tokoh masyarakat dalam penyebaran inovasi, serta mampu bertindak sebagai penyebar inovasi.
Mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah ini memiliki pemahaman konsep yang berkait dengan difusi inovasi, proses pengembangan inovasi, proses keputusan inovasi baik opsional maupun kolektif serta otoritas, kecepatan adopsi dan faktor yang mempengaruhi, posisi dan peran ‘tenaga pls’ sebagai agen pembaharu di masyarakat, yang pada akhirnya mampu menerapkan strategi penyebaran satu inovasi ke masyarakat.
Matakuliah ini merupakan matakuliah profesi yang akan mengantarkan mahasiswa untuk dapat merancang proyek di masyarakat yang selanjutnya mampu menyajikan pelaporan melalui kegiatan seminar.
Mata Kuliah ini termasuk Mata Kuliah Dasar Profesi. Setelah menyelesaikan perkuliahan ini secara umum mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami secara teoritik dan praktis bimbingan dan penyuluhan bagi peserta program pendidikan luar sekolah.
2. Menyusun suatu rancangan program bimbingan dan penyuluhan dalam Satuan pendidikan luar sekolah.
Dalam kuliah ini dibahas mengenai : Hubungan PLS dengan profesi PLS dengan mata kuliah lain, Latar belakang pentingnya bimbingan dan penyuluhan dalam PLS, Konsep dasar bimbingan dan penyuluhan, Tujuan dan prinsip dilakukannya bimbingan dan penyuluhan dalam pendidikan luar sekolah, Prinsip-prinsip dalam bimbingan dan penyuluhan program pendidikan luar sekolah, Pendekatan Andragogi dalam bimbingan dan penyuluhan PLS, Strategi yang dilakukan dalam melaksanakan bimbingan danpenyuluhan PLS, dan Langkah-langkah kerja dalam bimbingan penyuluhan pada kasus-kasus dalam satuan PLS Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspository dan inquiry.
Mata kuliah Satuan dan Program Pendidikan Nonformal melakukan pengkajian tentang pengertian pendidikan nonformal, pendidikan nonformal sebagai suatu system, komponen pendidikan nonformal, karakteristik pendidikan nonformal, satuan pendidikan nonformal, program-program pendidikan nonformal dan merancang proposal program pembelajaran pendidikan nonformal
Course ini merupakan implementasi dari learning by doing, sebagai upaya pengenalan secara dini terhadap lembaga penyelenggara pendidikan non-formal yang pelaksanaannya dilaksanakan secara berjenjang (Magang 1 dan Magang 2)
MK Peng. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran PLS mempelajari tentang Arti, posisi, fungsi sumber dan media pembelajaran, kemampuan, landasan pengunaan media pembelajaran, perangkat, klafisikasi media pembelajaran, karateristik media pembelajaran sederhana 2 dimensi, karateristik media pembelajaran sederhana 3 dimensi, karateristik media pembelajaran elektronis/modern, model pengembangan media pembelajaran program PNF, pemanfaatan media dalam proses pembelajaran di program-program PNF dan Prosedur produksi bahan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Mata Kuliah Pendidikan Keluarga & Parenting membahas tentang pengertian, fungsi dan peran keluarga, perubahan dalam keluarga, pola asuh: dimensi, karakteristik dan pengaruhnya terhadap perkembangan anak, berbagai bentuk kekerasan pada anak, faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh: globalisasi, struktur keluarga, sosial-ekonomi, kompetensi orangtua dalam membantu perkembangan anak, fungsi bimbingan dan penyuluhan dalam pendidikan keluarga, dan sintesa teori tentang pengasuhan dan membuat kerangka pikir tentang proses pengasuhan dalam keluarga.
Mata kuliah ini juga mengantarkan mahasiswa tentang pelibatan keluarga pada satuan pendidikan dan konsep Parenting Education serta merancang Kegiatan Parenting baik pada satuan pendidikan maupun dimasyarakat.