36 Courses
Dalam mata kuliah ini, dibahas mengenai teori wacana, struktur wacana, dan jenis wacana; tipe dan ciri wacana; wacana dan komposisi; konteks wacana dan rincian dalam konteks; referensi dan inferensi; kohesi dan koherensi; referensi (endofora dan eksofora); topik, tema, dan judul; skemata; tindak tutur; analisis wacana kritis; tokoh-tokoh analisis wacana kritis
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu memahami berbagai teori pragmatik dan mampu menerapkan dalam pengajaran bahasa di sekolah. Selain itu, mahasiswa mampu menganalisis pragmatik.
Matakuliah Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan matakuliah yang disiapkan untuk membekali mahasiswa kemampuan peneliti dalam rangka penyelesaian studi dan mendukung pelaksanaan profesi setelah memasuki dunia kerja. Beragam aktivitas yang dilaksanakan di dunia kerja kelak akan mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam penelitian, seperti kemampuan menganalisis dan menemukan masalah, kemampuan menyelesaikan masalah, merumuskan langkah-langkah penyelesaian dari suatu masalah, mengumpulkan dan mengolah data. Oleh karena itu, matakuliah ini memiliki arti penting dalam pembentukan kompetensi mahasiswa.
Melalui perkuliahan dalam matakuliah Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini akan dibahas berbagai jenis penelitian, merumuskan masalah, menuliskan bagian pendahuluan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti penugasan, diskusi, pengamatan video, dan lainnya.
Selamat mengikuti perkuliahan!
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu memahami berbagai teori pragmatik dan mampu menerapkan dalam pengajaran bahasa di sekolah. Selain itu, mahasiswa mampu menganalisis pragmatik.