40 သင်ရိုး/သင်တန်းများ
Mata kuliah Psikofarmakologi ini bertujuan untuk mempelajari tentang obat-obatan yang berkaitan dengan pengobatan bagi gangguan psikologis yang meliputi obat-obat untuk gangguan psikotik; obat-obat antidepresan; obat-obat untuk gangguan mood, obat-obat anti cemas dan juga psikostimulan.
Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami pemeriksaan psikologis khususnya berkenaan dengan pengenalan alat-alat tes yang biasa digunakan oleh psikolog dalam mengungkap aspek-aspek psikologis manusia. Didalamnya diajarkan tentang klasifikasi alat tes, bagaimana menjadi tester, tahapan dalam pelaksanaan psikotes dan etika dalam kaitannya dengan penggunaan alat.
Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar teori teori berupa struktur,dinamika, perkembangan, aplikasi, kelebihan dan kekurangan dari tokoh tokoh kepribadian mazhab Psikoanalisa, Behaviour, Humanistik, Trait; Psikologi Timur
Assalamu'alaikum Wr wb. dan salam sejahtera bagi kita semua.
Selamat datang di MK Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. MK ini diampuh oleh 3 orang dosen. Yakni, Dr. Muh. Daud, M.Si., Dr. Dian Novita Siswanti, M.Si., M.Psi., Psikolog, dan Tri Sugiarti M Bakri, S.Psi., M.Pd.
Setelah mengikuti Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mampu mengetahui konsep teoretis perkembangan Fisik, Motorik, Kognitif dan Sosio-Emosional Anak Usia Dini konteks Pendidikan
2. Mampu mengetahui penyelenggaraan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
3. Mampu mengetahui Kurikulum Pendidikan AUD di Indonesia
4. Mampu mengetahui konsep teoretis mengenai Kompetensi Pendidik AUD
5. Mampu mengetahui Jenis-jenis Kurikulum/rancangan Pembelajaran AUD (Montessori, High scope, Bank Street, Regio Emilia, Kurikulum kreatif)
6. Mampu mengetahui isu-isu kontekstual terkait penyelenggaraan dan Pendidikan AUD
7. Mampu mengevaluasi secara Psikologis mengenai Pendidikan yang Ideal untuk AUD
Sampai bertemu di ruangan kelas secara virtual dan tetap jaga protokoler kesehatan demi kepentingan dan kenyamanan kita bersama.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metodologi penelitian yang membekali mahasiswa agar dapat merancang, menyusun, menganalisa permasalahan menggunakan pendekatan-pendekatan kuantitatif. Tujuan dari matakuliah agar mahasiswa memahami cara melakukan penelitian yang bersifat inferensial
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian kelompok, alasan-alasan individu bergabung ke dalam kelompok, tahap-tahap perkembangan kelompok, psikologi massa, kepemimpinan, dll.
Mata kuliah ini berisi penjelasan tentang kognisi manusia, yang akan menjelaskan bagaimana proses persepsi visual, atensi, ingatan, berpikir, representasi mental, bahasa, dan kesadaran. Contoh-contoh aplikasi topik dalam kehidupan sehari-hari akan dijelaskan.
Penjelasan bagaimana topik-topik tersebut diteliti dan topik-topik mutakhir akan diperkenalkan. Penguasan terhadap metode eksperimen sangat dianjurkan agar mahasiswa mudah memahami materi.
Akan diperkenalkan pula cara-cara mengukur topik-topik yang dipelajari dalam kuliah ini dengan menggunakan aplikasi komputer yang dapat diakses secara gratis di psytoolkit.org, sehingga jika mahasiswa akan melanjutkannya di tugas akhir, mahasiswa mudah untuk mengukurnya
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai keterlibatan aspek-aspek psikologi di dalam terbentuknya perilaku siswa dan guru dan proses-proses mental dalam keseluruhan proses belajar mengajar.
Bismillahirrahmanirrahim.. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah untuk mencapai kompetensi dasar penguasaan pada mata kuliah ini, konsep-konsep teoritis tentang school wellbeing dan spiritual teaching.