23 Courses
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah TEORI DAN PRAKTEK yang dirancang untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip cara hidup sehat di tingkat sekolah, sesuai dengan masalah-masalah yang dihadapinya selama proses pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan, harus mampu menguasai penggunaan media dan sumber belajar berbasis TPACK, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan kesehatan dan gizi anak usia dini. Mahasiwa juga diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri. Capaian mata kuliah ini akan dinilai menggunakan penilaian Aktivitas, Proyek, Tugas, Quiz, UTS, dan UAS untuk permasalahan gizi di setiap tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak usia sekolah.
Kemajuan teknologi informasi mendorong perubahan dalam kurikulum, Tujuan dan isi materi pembelajaran; termasuk perubahan dalam menyajikan materi pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas, pengembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi diperlukan. Perkuliahan ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk belajar membangun media pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan TI, seperti browsing, membuat multimedia presentasi, video, macromedia flash, blog, dan web, untuk pengembangan e-learning
Metodologi Penelitian merupakan Mata kuliah yang terdiri atas Kaidah dasar Ilmu Pengetahuan dan Penelitian, Ragam pedekatan penelitian, Jenis Penelitian, Langkah-langkah dalam penelitian, Desain Penelitian, Populasi dan teknik pengambilan sampel, Pengumpulan data dalam penelitian, analisis dan Intrepretasi data dan menulis Laporan penelitian. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu melakukan kegiatan penelitian dibidang ilmu pendidikan anak usia dini secara benar dan mampu menulis laporan sesuai kaidah penulisan ilmiah.
Mata kuliah supervisi dan evaluasi PAUD akan membahas tentang konsep dasar supervisi lembaga PAUD, prinsip-prinsip, ruang
lingkup supervisi, dan supervisi manajemen program pembelajaran, manajemen anak
didik, manajemen, sarana dan prasarana, manajemen personil lembaga, manajemen,
keuangan, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat serta teknik-teknik
penyelenggaraan supervisi PAUD.
Setelah mengikuti mata
kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki
pemahaman dan wawasan konsep dasar
supervisi, prinsip-prinsip supervisi, ruang lingkup, dan manajemen program
pembelajaran, manajemen anak didik, sarana dan prasarana, personil lembaga,
manajemen keuangan, manajemen hubungan sekolah
dan masyarakat dan teknik-teknik supervisi