Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • IDENTITAS MATA KULIAH

    Deskripsi Mata Kuliah BOR:

    Mata kuliah Business Operation Research (BOR) atau diterjemahkan riset operasional dalam lokus bisnis membahas konsep dasar, tujuan dan ruang lingkup Riset Operasional (RO). Kombinasi pendekatan ilmu (science) dan seni (art), serta milestone perkembangan dan peran strategis RO dalam aktivitas Management Science. Topik-topik utama dalam RO pada era milllenial atau abad ke-21 dan RO dalam konteks perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif seperti Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method), Analisis Antrian (queuing analysis), Teori Permainan (games theory),  analisis Critical Path Method/CPM (metode jalur kritis)/analisis Program Evaluation and Review Technique/PERT atau teknik menilai dan meninjau kembali program.

    Tujuan mempelajari BOR:

    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi: 

    • Memahami perkembangan/isu penting terbaru (important issue) dan permasalahan dalam pengelolaan/manajemen yang didasarkan pada penerapan RO.
    • Menjelaskan milestone peran strategis RO dalam aktivitas Management Science.
    • Memahami konsep dasar dan kajian-kajian terkini dalam RO secara komprehensif
    • Melakukan analisis kasus (identifikasi masalah, analisis situasi, tinjauan teoritis dan rekomendasi solusi masalah) untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan RO.
    • Menguasai software RO POM for Windows dalam memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan RO. 

    Metode-Skenario Pembelajaran:

    Perkuliahan menggunakan multi-pendekatan/metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktikum. Media pembelajaran yang digunakan whiteboard, OHP, LCD, gambar/chart dan laboratorium komputer.  Evaluasi dilakukan melalui penilaian terhadap partisipasi aktif dalam PBM, penilaian terhadap tugas (analisis kasus), diskusi, praktikum, kuis, UTS dan UAS. 

    Buku referensi: M. Syamsul Ma'arraif dan Heri Tanjung (2003) Teknik-teknik Kuantitatif untuk Manajemen; Sri Mulyono (2004) Riset Operasi; Wayne L. Winston (2004) Operations Research: Applications and Algorithms, Fourth Ed; Zulian Yamit (2004) Manajemen Kuantitatif untuk Bisnis.