Global searching is not enabled.
Skip to main content

MENULIS KARYA ILMIAH

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH

MENULIS KARYA ILMIAH

Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Semester: Genap 2019/2020

Bobot SKS: 3

Selamat datang di mata kuliah menulis karya ilmiah. Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah keterampilan menulis yang telah Anda program. Sebagai mata kuliah lanjutan, Anda diharuskan telah melulusi mata kuliah keterampilan menulis sehingga materi-materi yang akan dipelajari pada mata kuliah ini dapat dengan mudah dikuasai. Mata kuliah ini dijalankan dengan lebih banyak berpraktik menulis, sehingga Anda diharapkan dapat mengeksplore kemampuan Anda secara mandiri dalam menulis. Pada kesempatan ini, materi yang akan dibahas yaitu menulis esai akademik. Materi ini dirancangan dalam 5 kali pertemuan. Anda diharuskan mengikuti semua instruksi perkuliahan baik yang melalaui daring atau luring.

Profil Dosen:

Nama: Abdul Haliq

Email: abdul.haliq@unm.ac.id


Deskripsi mata kuliah:

Mata kuliah menulis karya ilmiah khususnya materi menulis esai akademik merupakan pembelajaran menulis esai akademik yang didesain untuk mengasah kemampuan baik secara konseptual maupun praktik dalam menyusun esai akademik. Materi pembelajaran menulis esai akademik diharapkan menjadi sarana pembelajaran mahasiswa dalam mengasah keterampilannya untuk menyampaikan ide-ide/gagasan dalam bentuk komunikasi tulis yang ilmiah. Komunikasi tulis yang ilmiah dapat diidentifikasi secara teknis melalui penggunaan bahasa Indonesia ragam ilmiah, menaati ejaan bahasa Indonesia dan aturan-aturan penulisan berdasarkan selingkung suatu lembaga, dan mengikuti format penulisan esai akademik. Melalui pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menulis esai akademik secara mandiri melalui pendekatan proses-genre dengan memanfaatkan berbagai sumber daya digital.  Pada pembelajaran menulis esai akademik ini meliputi kajian tentang definisi, karakteristik, dan format penulisan esai akademik, tahapan menulis esai akademik seperti perencanaan tulisan (pramenulis), pelaksanaan tulisan, dan evaluasi tulisan (pascamenulis). 

Capaian pembelajaran mata kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat;

  1. Mahasiswa terampil menulis esai ekpositori secara mandiri dengan pendekatan proses-genre.
  2. Mahasiswa terampil mengelola referensi digital.
  3. Mahasiswa terampil membuat perencanaan dan menulis draf esai akademik.
  4. Mahasiswa terampil mereview esai secara mandiri dan tulisan esai sejawat menggunakan panduan penilaian.
  5. Mahasiswa terampil merevisi hasil review esai ekspositori.


Teknik :
Setiap minggu Anda harus mengunduh dan mempelajari bahan ajar baik berupa salindia, buku elektronik, maupun bahan pengayaan lain serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas dari minggu ke minggu bisa berbeda yakni antara lain: perkenalan, diskusi, refleksi, dan lain sebagainya.

Teknik Penilaian:
Penilaian akan mengakumulasi proses yang dilakukan pada setiap pertemuan.
Partisipasi aktif: 20%
Proyek penulisan: 80%

Referensi:

Utama:

  1. Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
  2. Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
  3. Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  4. Nurhadi. 2017. Handbook of Writing: Pandung Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Kalidjernih, Freddy K. 2011. Penulisan Akademik: Esai, Makalah, Artikel Jurnal Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Widya Aksara Press.

Penunjang:

  1. Rahardi, Kunjana. 2009. Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Jakarta: Erlangga.
  2. Kusmana, Suherli. 2010. Merancang Karya Tulis Ilmiah.Bandung:Remaja Rosdakarya.
  3. Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
(No announcements have been posted yet.)