16 Courses
Dalam perkuliahan ini
dibahas Dasar Filsafat, Metode Pendidikan Kepramukaan, Fungsi dan Peranan
Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa, Sejarah Kepanduan, Lima Faktor
Pendidikan Kepanduan. Organisasi Gerakan Kepramukaan, Kiasan Dasar-Sistem dan
Metode, Macam-macam Upacara, Pedoman Teknik Kepanduan I sampai V, dan Mengenal
Peralatan Latihan Kepanduan.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan
mampu menguasai konsep dan teori bimbingan dan penyuluhan sosial yang melandasi
keilmuan pendidikan luar sekolah. Lingkup kajiannya meliputi bimbingan dan penyuluhan social, menelaah pentingnya bimbingan
dan penyuluhan social, menganalisis latar belakang
diperlukannya bimbingan dan penyuluhan social, menganalisis
dasar-dasar pikiran bimbingan dan penyuluhan social. Menjelaskan Konsep dan
karakteristik bimbingan dan penyuluhan social, mengemukakan prinsip-prinsip
dasar dalam bimbingan dan penyuluhan social, menguraikan metodologi bimbingan
dan penyuluhan social, menjelaskan konsep norma-norma/ etika yang berlaku di
masyarakat, memaparkan kiat perilaku
toleransi, dan tanggungjawab kemasyarakatan, mengemukakan cara membangun persahabatan, kerjasama
dalam komunitas sosial, menganalis bagaimana mengatasi masalah sosial
Mata kuliah ini diselenggarakan secara daring (online) dengan materi perkuliahan tentang Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah PAI merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat pada Mata Kuliah Umum (MKU) di Perguruan Tinggi Umum. Dimana Mata kuliah ini membahas beberapa bahan kajian sebagai berikut: Bagaimana Mempelajari Islam di Perguruan Tinggi, Bagaimana Manusia Bertuhan, Bagaimana Agama Menjamin Kebahagiaan, Bagaimana Mengintegrasikan Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk Insan Kamil, Bagaimana Membangun Paradigma Qur’ani untuk Kehidupan Modern, Bagaimana Membumikan Islam di Indonesia, Bagaimana Islam Membangun Persatuan dan Keberagaman, Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi, Bagaimana Kontribusi Islam Dalam Pengembangan Peradaban Dunia, Bagaimana Pengembangan Budaya Islam melalui Masjid Kampus, dan Bagaimana Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamin. Mahasiswa diajak untuk memahami ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan dua pedoman utama yaitu Al-Qur’an dan Hadis yang dihubungkan dalam kehidupan nyata di era sekarang. Berbagai permasalahan dalam hidup yang dihadapi oleh setiap manusia menjadikannya harus memiliki bekal dalam menghadapinya. PAI diharapkan mampu memberikan pegangan dalam membentuk karakter yang baik . hal ini menyentuh kehidupannya secara individu maupun sosialnya. Sikap Spiritual. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai pola hidup dalam konteks akademik, dan/atau profesi. Sikap Sosial. Mengembangkan perilaku (jujur, sportif, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta menggunakannya pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya.
Mata kuliah pengembangan kurikulum membahas tentang dasar-dasar pengembangan
kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan (arena dalam menentukan
apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk
menentukan apa yang ajarkan). Epemilihan dan pengembangan kesempatan belajar
(menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, criteria dalam memilih
kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum
(pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal
menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran. Pelaksanaan
perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri/deskoperi, dengan metoda
diskusi, tanya-jawab, penugasan, penampilan. Tahap penilaian, di samping UTS dan
UAS, juga dilaksanakan melalui tagihan tugas-tugas, penampilan dan partisipasi dalam
perkuliahan.
Buku sumber
Perkuliahan ini membahas tentang garis besar PAUD, hakikat, pengertian, fungsi,
sejarah, teori-teori, perkembangan anak usia dini, hakikat belajar anak usia dini, pembelajaran anak
usia dini, kelembagaan, asesment dalam PAUD model-model pembelajaran, lingkungan belajar,
dan problem pengembangan AUD
Mata Kuliah Pemberdayaan MAsyarakat adalah salah satu Mata Kuliah Wajib
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai pengertian psikologi, pengaruh pembawaan dan lingkunganm peilaku individu, kepribadian seseorang dan kemampuan menyesuaikan diri.dengan lingkungan kerja.
Selamat Datang
Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang proses melakukan penelitian khususnya penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan, dengan pokok-pokok materi:
Matakuliah ini menyajikan konsep dasar training ‘pelatihan’ (pengertian, tujuan, dan fungsi training); Identifikasi kebutuhan training (need assesment), pengembangan kurikulum training, ragam model dan metode training, fasilitas dan sarana training, evaluasi training dan penyelenggaraan aspek administratif training.
Profesi
berasal dari bahasa latin "Proffesio" yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan.
Bila artinya dibuat dalam pengertian yang lebih luas menjadi: kegiatan
"apa saja" dan "siapa saja" untuk memperoleh nafkah yang
dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit profesi
berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus
dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik. Pendidikan
adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan
positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang. Jadi pengertian profesi
pendidikan adalah satu kegiatan atau pekerjaan sesuai keahliannya yang
diberikan atau diajarkan kepada peserta didik agar bisa berperan aktif dalam
hidupnya sekarang dan masa datang. Maka melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu
menguasai konsep dan teori profesi kependidikanan, kode
etik profesi kependidikanan, organisasi profesi kependidikanan, sasaran sikap
profesional dan pengembangan sikap professional, syarat
menjadi tenaga kependidikan professional, pengembangan
sikap professional, Pendidik professional sebagai komunikator dan
fasilitator, prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam
pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal, cara
memotivasi siswa dan dapat menganalisis permasalahn
yang dihadapi oleh pendidik.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar dalam Pendidikan Nonformal yang melandasi mata kuliah selanjutnya dalam pembahasan Pendidikan Nonformal. Oleh sebab itu, inti mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar berkenaan dengan aspek-aspek filosofis, teoritis, yuridis maupun praktis dan empiris Pendidikan Nonformal.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami filsafat, ilmu dan teori-teori dasar sebagai landasan dalam menganalisis fenomena dan mengembangkan pendidikan nonformal. Ruang lingkup materi perkuliahan disajikan terdiri dari topik-topik sebagai berikut: Kedudukan mata kuliah konsep dasar Pendidikan Nonformal dalam mendukung kemampuan (kompetensi) tenaga profesional pendidikan nonformal, Konsep dan wawasan pendidikan nonformal, Sejarah perkembangan pendidikan nonformal, Landasan konstitusional dan operasional pelaksanaan dan pengembangan pendidika nonformal, Landasan filosofis pendidikan nonformal, Ilmu dasar (basic science) yang melandasi pengembangan pendidikan nonformal, teori-teori pendukung dalam pengembangan pendidikan nonformal, Pendidikan nonformal dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat, Asas pendidikan sepanjang hayat, Asas kebutuhan, Asas relevansi dengan pengembangan masyarakat dan Asas wawasan kemasa depan serta Satuan dan program pendidikan nonformal.
Mata kuliah ini membahas aspek-aspek dalam kegiatan penggunaan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Pokok bahasan yaitu Kedudukan Bahasa Indonesia (Sejarah Bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan; Bahasa Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni); Bahasa dan Kepribadian Indonesia (Pendidikan Watak Melalui Bahasa; Fungsi Bahasa Indonesia dalam Mengembangkan Kepribadian Indonesia); Ciri Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Cendekia; Lugas dan Jelas; Gagasan Sebagai Pangkal Tolak; Formal dan Objektif; Ringkas dan Padat; Konsisten) Penggunaan Istilah Teknis (Beberapa Konsep Dasar; Kata Dasar Peristilahan; Sumber Istilah); Problematika dalam Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Kesalahan Pemakaian Kata; Kesalahan Kalimat; Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca; Kesalahan Penalaran); Kalimat Efektif (Jenis Kalimat Efektif; Struktur Kalimat Efektif; Ciri-ciri Kalimat Efektif; Kelengkapan; Kebernalaran; Kecermatan; Kegramatikalan (Tata Penulisan Kalimat Efektif); Pengembangan Paragraf (Pembagian Paragraf; Kesatuan Kalimat dalam Paragraf; Pembentukan Paragraf; Pola Pengembangan Paragraf; Tata Penulisan Paragraf yang Baik)
Mata kuliah ini membahas aspek-aspek dalam kegiatan penggunaan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Pokok bahasan yaitu Kedudukan Bahasa Indonesia (Sejarah Bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan; Bahasa Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni); Bahasa dan Kepribadian Indonesia (Pendidikan Watak Melalui Bahasa; Fungsi Bahasa Indonesia dalam Mengembangkan Kepribadian Indonesia); Ciri Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Cendekia; Lugas dan Jelas; Gagasan Sebagai Pangkal Tolak; Formal dan Objektif; Ringkas dan Padat; Konsisten) Penggunaan Istilah Teknis (Beberapa Konsep Dasar; Kata Dasar Peristilahan; Sumber Istilah); Problematika dalam Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Kesalahan Pemakaian Kata; Kesalahan Kalimat; Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca; Kesalahan Penalaran); Kalimat Efektif (Jenis Kalimat Efektif; Struktur Kalimat Efektif; Ciri-ciri Kalimat Efektif; Kelengkapan; Kebernalaran; Kecermatan; Kegramatikalan (Tata Penulisan Kalimat Efektif); Pengembangan Paragraf (Pembagian Paragraf; Kesatuan Kalimat dalam Paragraf; Pembentukan Paragraf; Pola Pengembangan Paragraf; Tata Penulisan Paragraf yang Baik)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dengan memberi bekal kepada mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dengan wawasan pendidikan yang benar. Sajian mata kuliah ini meliputi teori pendidikan dan aspek-aspeknya |
Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami hakekat kelompok dan dinamika kelompok, bagaimana proses terbentuknya kelompok dan manfaat kelompok. Serta berbagai permainan yang dapat membentuk dinamika kelompok.
Mata kuliah ini akan mengantarkan mahasiswa untuk memahami hakikat manusia sebagai subyek pendidikan, pengertian dan unsur pendidikan, teori-teori pendidikan, tri pusat pendidikan dan hubungan pendidikan dan pembangunan.