Global searching is not enabled.
Skip to main content

16 Courses

PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN KEPRAMUKAAN
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2014026601 MUHAEMIN B

PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN KEPRAMUKAAN

Dalam perkuliahan ini dibahas Dasar Filsafat, Metode Pendidikan Kepramukaan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa, Sejarah Kepanduan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan. Organisasi Gerakan Kepramukaan, Kiasan Dasar-Sistem dan Metode, Macam-macam Upacara, Pedoman Teknik Kepanduan I sampai V, dan Mengenal Peralatan Latihan Kepanduan.

PSIKOLOGI SOSIAL
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2014026601 MUHAEMIN BTeacher: 0003125406 SYAMSUL BAKHRI GAFFAR

PSIKOLOGI SOSIAL

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep dan teori bimbingan dan penyuluhan sosial yang melandasi keilmuan pendidikan luar sekolah. Lingkup kajiannya meliputi bimbingan dan penyuluhan social, menelaah pentingnya bimbingan dan penyuluhan social, menganalisis latar belakang diperlukannya bimbingan dan penyuluhan social, menganalisis dasar-dasar pikiran bimbingan dan penyuluhan social. Menjelaskan Konsep dan karakteristik bimbingan dan penyuluhan social, mengemukakan prinsip-prinsip dasar dalam bimbingan dan penyuluhan social, menguraikan metodologi bimbingan dan penyuluhan social, menjelaskan konsep norma-norma/ etika yang berlaku di masyarakat, memaparkan kiat perilaku toleransi, dan tanggungjawab kemasyarakatan, mengemukakan cara membangun persahabatan, kerjasama dalam komunitas sosial, menganalis bagaimana mengatasi masalah sosial

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2014026601 MUHAEMIN B

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mata kuliah ini diselenggarakan secara daring (online) dengan materi perkuliahan tentang Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah PAI merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat pada Mata Kuliah Umum (MKU) di Perguruan Tinggi Umum. Dimana Mata kuliah ini membahas beberapa bahan kajian sebagai berikut: Bagaimana Mempelajari Islam di Perguruan Tinggi, Bagaimana Manusia Bertuhan, Bagaimana Agama Menjamin Kebahagiaan, Bagaimana Mengintegrasikan Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk Insan Kamil, Bagaimana Membangun Paradigma Qur’ani untuk Kehidupan Modern, Bagaimana Membumikan Islam di Indonesia, Bagaimana Islam Membangun Persatuan dan Keberagaman, Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi, Bagaimana Kontribusi Islam Dalam Pengembangan Peradaban Dunia, Bagaimana Pengembangan Budaya Islam melalui Masjid Kampus, dan Bagaimana Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamin. Mahasiswa diajak untuk memahami ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan dua pedoman utama yaitu Al-Qur’an dan Hadis yang dihubungkan dalam kehidupan nyata di era sekarang. Berbagai permasalahan dalam hidup yang dihadapi oleh setiap manusia menjadikannya harus memiliki bekal dalam menghadapinya. PAI diharapkan mampu memberikan pegangan dalam membentuk karakter yang baik . hal ini menyentuh kehidupannya secara individu maupun sosialnya. Sikap Spiritual. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai pola hidup dalam konteks akademik, dan/atau profesi. Sikap Sosial. Mengembangkan perilaku (jujur, sportif, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta menggunakannya pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya.

Pengembangan Kurikulum
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0918118405 FATMAWATI GAFFAR

Pengembangan Kurikulum

Mata kuliah pengembangan kurikulum membahas tentang dasar-dasar pengembangan kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan (arena dalam menentukan apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk menentukan apa yang ajarkan). Epemilihan dan pengembangan kesempatan belajar (menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, criteria dalam memilih kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum (pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri/deskoperi, dengan metoda diskusi, tanya-jawab, penugasan, penampilan. Tahap penilaian, di samping UTS dan UAS, juga dilaksanakan melalui tagihan tugas-tugas, penampilan dan partisipasi dalam perkuliahan. Buku sumber

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0003028605 NASRAH NATSIR

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Perkuliahan ini membahas tentang garis besar PAUD, hakikat, pengertian, fungsi,

sejarah, teori-teori, perkembangan anak usia dini, hakikat belajar anak usia dini, pembelajaran anak

usia dini, kelembagaan, asesment dalam PAUD model-model pembelajaran, lingkungan belajar,

dan problem pengembangan AUD


86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024037606 RUDI AMIR

20201PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Mata Kuliah Pemberdayaan MAsyarakat adalah salah satu Mata Kuliah Wajib

Pengantar Psikologi
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0918118405 FATMAWATI GAFFARTeacher: 0003125406 SYAMSUL BAKHRI GAFFAR

Pengantar Psikologi

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai pengertian psikologi, pengaruh pembawaan dan lingkunganm peilaku individu, kepribadian seseorang dan kemampuan menyesuaikan diri.dengan lingkungan kerja.


Metode Penelitian Kuantitatif
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0001057409 SUARDI

Metode Penelitian Kuantitatif

Selamat Datang

Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang proses melakukan penelitian khususnya penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan, dengan pokok-pokok materi:

  1. Konseptualisasi metode penelitian kuantitatif
  2. Masalah penelitian
  3. Variabel penelitian
  4. Hipotesis penelitian
  5. Populasi dan sampel penelitian
  6. Alat pengumpul data
  7. Validitas dan reliabilitas
  8. Rancangan penelitian eksperimental
  9. Rancangan penelitian korelasional
  10. Rancangan penelitian survey
  11. Plagiarisme

MANAJEMEN DIKLAT
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0003028605 NASRAH NATSIR

MANAJEMEN DIKLAT

Matakuliah ini menyajikan konsep dasar training ‘pelatihan’ (pengertian, tujuan, dan fungsi training); Identifikasi kebutuhan training (need assesment), pengembangan kurikulum training, ragam model dan metode training, fasilitas dan sarana training, evaluasi training dan penyelenggaraan aspek administratif training. 



PROFESI KEPENDIDIKAN
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 2014026601 MUHAEMIN B

PROFESI KEPENDIDIKAN

Profesi berasal dari bahasa latin "Proffesio" yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. Bila artinya dibuat dalam pengertian yang lebih luas menjadi: kegiatan "apa saja" dan "siapa saja" untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit profesi berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik. Pendidikan adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang. Jadi pengertian profesi pendidikan adalah satu kegiatan atau pekerjaan sesuai keahliannya yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik agar bisa berperan aktif dalam hidupnya sekarang dan masa datang. Maka melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep dan teori profesi kependidikanan, kode etik profesi kependidikanan, organisasi profesi kependidikanan, sasaran sikap profesional dan pengembangan sikap professional, syarat menjadi tenaga kependidikan professional, pengembangan sikap professional, Pendidik professional sebagai komunikator dan fasilitator, prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal, cara memotivasi siswa dan dapat menganalisis permasalahn yang dihadapi oleh pendidik.

Konsep Dasar Pendidikan Nonformal
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004048809 MUHAMMAD ASRITeacher: 0003125406 SYAMSUL BAKHRI GAFFAR

Konsep Dasar Pendidikan Nonformal

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar dalam Pendidikan Nonformal yang melandasi mata kuliah selanjutnya dalam pembahasan Pendidikan Nonformal. Oleh sebab itu, inti mata kuliah ini  memberikan pemahaman dasar berkenaan dengan aspek-aspek filosofis, teoritis, yuridis  maupun praktis dan empiris Pendidikan Nonformal.

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami filsafat, ilmu dan teori-teori dasar sebagai landasan dalam menganalisis fenomena dan mengembangkan pendidikan nonformal. Ruang lingkup materi perkuliahan disajikan terdiri dari topik-topik sebagai berikut: Kedudukan mata kuliah konsep dasar Pendidikan Nonformal dalam mendukung kemampuan (kompetensi) tenaga profesional pendidikan nonformal, Konsep dan wawasan pendidikan nonformal, Sejarah perkembangan pendidikan nonformal, Landasan konstitusional dan operasional pelaksanaan dan pengembangan pendidika nonformal, Landasan filosofis pendidikan nonformal, Ilmu dasar (basic science) yang melandasi pengembangan pendidikan nonformal, teori-teori pendukung dalam pengembangan pendidikan nonformal, Pendidikan nonformal dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat, Asas pendidikan sepanjang hayat, Asas kebutuhan, Asas relevansi dengan pengembangan masyarakat dan Asas wawasan kemasa depan serta Satuan dan program pendidikan nonformal.


86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0017087110 ABDUL AZIS

MK Bahasa Indonesia 20201 PLS Kelas 02 (Dr. Ir. Abdul Azis, M.Pd., M.T.)

Mata kuliah ini membahas aspek-aspek dalam kegiatan penggunaan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Pokok bahasan yaitu Kedudukan Bahasa Indonesia (Sejarah Bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan; Bahasa Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni); Bahasa dan Kepribadian Indonesia (Pendidikan Watak Melalui Bahasa; Fungsi Bahasa Indonesia dalam Mengembangkan Kepribadian Indonesia); Ciri Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Cendekia; Lugas dan Jelas; Gagasan Sebagai Pangkal Tolak; Formal dan Objektif; Ringkas dan Padat; Konsisten) Penggunaan Istilah Teknis (Beberapa Konsep Dasar; Kata Dasar Peristilahan; Sumber Istilah); Problematika dalam Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Kesalahan Pemakaian Kata; Kesalahan Kalimat; Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca; Kesalahan Penalaran); Kalimat Efektif (Jenis Kalimat Efektif; Struktur Kalimat Efektif; Ciri-ciri Kalimat Efektif; Kelengkapan;  Kebernalaran; Kecermatan; Kegramatikalan (Tata Penulisan Kalimat Efektif);  Pengembangan  Paragraf (Pembagian Paragraf; Kesatuan Kalimat dalam Paragraf; Pembentukan Paragraf; Pola Pengembangan Paragraf; Tata Penulisan Paragraf yang Baik)


MK Bahasa Indonesia 20201 PLS Kelas 01 (Dr. Ir. Abdul Azis, M.Pd., M.T.)
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0017087110 ABDUL AZIS

MK Bahasa Indonesia 20201 PLS Kelas 01 (Dr. Ir. Abdul Azis, M.Pd., M.T.)

Mata kuliah ini membahas aspek-aspek dalam kegiatan penggunaan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Pokok bahasan yaitu Kedudukan Bahasa Indonesia (Sejarah Bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara; Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan; Bahasa Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni); Bahasa dan Kepribadian Indonesia (Pendidikan Watak Melalui Bahasa; Fungsi Bahasa Indonesia dalam Mengembangkan Kepribadian Indonesia); Ciri Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Cendekia; Lugas dan Jelas; Gagasan Sebagai Pangkal Tolak; Formal dan Objektif; Ringkas dan Padat; Konsisten) Penggunaan Istilah Teknis (Beberapa Konsep Dasar; Kata Dasar Peristilahan; Sumber Istilah); Problematika dalam Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah (Kesalahan Pemakaian Kata; Kesalahan Kalimat; Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca; Kesalahan Penalaran); Kalimat Efektif (Jenis Kalimat Efektif; Struktur Kalimat Efektif; Ciri-ciri Kalimat Efektif; Kelengkapan;  Kebernalaran; Kecermatan; Kegramatikalan (Tata Penulisan Kalimat Efektif);  Pengembangan  Paragraf (Pembagian Paragraf; Kesatuan Kalimat dalam Paragraf; Pembentukan Paragraf; Pola Pengembangan Paragraf; Tata Penulisan Paragraf yang Baik)


PENGANTAR PENDIDIKAN
86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0022036904 KARTINI MARZUKITeacher: 0003028605 NASRAH NATSIR

PENGANTAR PENDIDIKAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dengan memberi bekal kepada mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dengan wawasan pendidikan yang benar. Sajian mata kuliah ini meliputi teori pendidikan dan aspek-aspeknya 


86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0022036904 KARTINI MARZUKI

Dinamika Kelompok

Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami hakekat kelompok dan dinamika kelompok, bagaimana proses terbentuknya kelompok dan manfaat kelompok. Serta berbagai permainan yang dapat membentuk dinamika kelompok.

86205 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0022036904 KARTINI MARZUKI

Pengantar Pendidikan

Mata kuliah ini akan mengantarkan mahasiswa untuk memahami hakikat manusia sebagai subyek pendidikan, pengertian dan unsur pendidikan, teori-teori pendidikan, tri pusat pendidikan dan hubungan pendidikan dan pembangunan.