31 Courses
Materi mata kuliah ini secara sistematis
mengurai tentang awal lahirnya sastra Indonesia sampai pada perkembangan
mutakhir sastra Indonesia, polemik periodisasi dan angkatan dalam sejarah
sastra Indonesia, ciri-ciri estetik yang berkembang dalam sastra
Indonesia, peranan sastrawan dan media dalam perkembangan kesastraan Indonesia
serta, sejarah karya-karya pengarang keturunan Tionghoa yang turut mempengaruhi
masa awal perkembangan sastra Indonesia. Dengan mempelajari mata kuliah ini
diharapkan mahasiswa dapat mengetahui perjalanan sejarah sastra Indonesia
sebagai bagian dari pemahaman terhadap budaya bangsa.
Teori sastra merupakan studi sistematis mengenai seperangkat konsep yang saling berkaitan secara ilmiah dan berfungsi menjelaskan gejala sastra. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami hakikat sastra dengan ruang lingkupnya sebagai bekal mempelajari apresiasi dan kajian sastra. Untuk mencapai tujuan tersebut maka materi perkuliahan akan mencakup ruang lingkup ilmu sastra, hakikat dan fungsi sastra, genre sastra, struktur dan konvensi sastra, aliran dan pendekatan sastra serta akan diperkenalkan berbagai teori yang berkembang di mulai dari teori formalisme, strukturalisme, semiotik, stilistika, sosiologi sastra, psikologi sastra, hermeneutika, postmodernisme, dekonstruksi, feminisme, postkolonial, resepsi sastra, intertekstual, sastra bandingan dan antropologi sastra.
Materi mata kuliah ini secara sistematis mengurai tentang awal lahirnya sastra Indonesia sampai pada perkembangan mutakhir sastra Indonesia, polemik periodisasi dan angkatan dalam sejarah sastra Indonesia, ciri-ciri estetik yang berkembang dalam sastra Indonesia, peranan sastrawan dan media dalam perkembangan kesastraan Indonesia serta, sejarah karya-karya pengarang keturunan Tionghoa yang turut mempengaruhi masa awal perkembangan sastra Indonesia. Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui perjalanan sejarah sastra Indonesia sebagai bagian dari pemahaman terhadap budaya bangsa.
MATA KULIAH PENGANTAR FILM
By Dr. Andi Agussalim AJ, S.Pd., M.Hum.
DESKRIPSI
Mata Kuliah Pengantar Film (MK-PF) bertujuan untuk mendorong kemandirian peserta dalam mengeksplorasi bahan bacaan film dan memahami secara mendasar mengenai konsep film, sekilas sejarah perkembangan film, klasifikasi dan ragam film.
REFERENSI
H. Misbach Yusa Biran. 2009. Peran Pemuda dalam Kebangkitan Film Indonesia. Jakarta: Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga.
Novi Kurnia. 2008. Posisi dan Resistensi: Ekonomi Politik Perfilman Indonesia. Yogyakarta: FISIPOL UGM.
Armando, Ade. (2016). Televisi Indonesia di Bawah Kapitalisme Global, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Bucland, Warren.(2008). Film Studies, London: Mc.Graw Hill Companies.
Hong, Euny. (2015). Korea Cool, Strategi Inovation di Balik Ledakan Korea, Yogyakarta: Bentang.
Ibrahim dan Subandy, Idi. (2004). Dari Nalar Keterasingan Menuju Nalar Pencerahan: Ruang Publik dan Komunikasi dalam Pandangan Soedjatmoko. Yogyakarta: Jalasutra
Jauhari, Haris. (1992). Layar Perak: 90 tahun Bioskop di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama dan Dewan Film Nasional.
Nugroho, Garin dan Herlina,Dyna (2015). Krisis dan Paradoks Film Indonesia, Jakarta: PT.Kompas Media Nusantara.
Di tengah Pandemi Covid-19, kelas Pengantar Film ini dilaksanakan secara daring dengan penugasan mandiri. Peserta akan diberikan tugas mandiri dan melaporkan perkembangannya secara berkala (perduaminggu).
Sajian mata kuliah ini mencakup: 1) Hakikat interaksi belajar mengajar, 2) Prinsip-prinsip interaksi belajar-mengajar, 3) Klasifikasi pendekatan, metode, strategi/teknik, dan model pembelajaran, 4) Komponen keterampilan-keterampilan mengajar, 5) desain skenario pembelajaran.
MK ini menguraikan ruang lingkup psikolinguistik, topik-topik psikolinguistik, pemerolehan bahasa pertama dan bahasa kedua, aplikasi psikolinguistik dalam pengajaran bahasa
Beberapa pakar mengatakan bahwa “dalam telaah bahasa, seperti juga halnya dalam telaah bersistem lainnya, tidak ada istilah atau terminology yang netral; setiap istilah teknis merupakan pengekspresian asumsi-asumsi atau perkiraan-perkiraan teoritis dari pemakainya.” Sama seperti semantik, pragmatik merupakan cabang dari semiotika. Jika semantik mengkaji tentang makna, maka pragmatik mengkaji tentang maksud dalam sebuah bahasa. Mata kuliah ini akan membahas mengenai pragmatic dan semua bagian-bagiannya. Mulai dari hakikat dan fungsi Bahasa hingga aneka tindak komunikatif.
Mata kuliah ini lebih menitikberatkan pada aspek keterampilan menganalisis, dan menjelaskan teks-teks puisi dalam sastra Indonesia. Telaah sastra harus dapat memberikan fungsi to teach (memberikam ajaran) dan delight (memberi kenikmatan). Untuk menemukan nilai, pesan moral atau gagasan yang terkandung pada teks puisi tentu diperlukan seperangkat teori sebagai panduan kerja analisis meliputi materi pengertian dan contoh puisi, jenis-jenis puisi berdasarkan perkembangannya, unsur-unsur pembangun puisi, serta praktik menganalisis puisi. Mahasiswa akan diajarkan cara-cara menganalisis puisi berdasarkan teori strukturalisme, semiotika, sastra bandingan, dan sosiologi sastra, antropologi sastra, postmodernisme, postkolonial, intertekstual, resepsi sastra, dekonstruksi, hermeneutika, ekokritik, dan feminisme.
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari hakikat membaca, faktor-faktor yang memengaruhi dalam membaca, model-model membaca, membaca literal, membaca kritis, membaca kreatif, kecepatan efektif membaca, formula keterbacaan, strategi DRA/DRTA, strategi SQ3R/SQ4R, membaca teks nonilmiah, dan membaca teks ilmiah. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk membaca beragam teks.
Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah yang dilakukan dilakukan secara runtut dan sistematis. Tujuan pembelajaran mata kuliah ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. ragam bentuk publikasi ilmiah, teknik menulis artikel hasil penelitian ilmiah. Selain itu, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang online Submission, cover letter dan review process, serta dilatih mempersiapkan presentasi ilmiah maupun poster.
Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah yang dilakukan dilakukan secara runtut dan sistematis. Tujuan pembelajaran mata kuliah ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. ragam bentuk publikasi ilmiah, teknik menulis artikel hasil penelitian ilmiah. Selain itu, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang online Submission, cover letter dan review process, serta dilatih mempersiapkan presentasi ilmiah maupun poster.