31 Courses
Mata kuliah ini memberikan gambaran dan atau memberi pemahaman secara garis besar tentang istilah, pemaknaan dan fungsi Pengantar Ilmu Hukum/Ilmu Hukum, istilah dan pengertian hukum dari berbagai mazhab/aliran, esensi dan kategorisasi defenisi hukum, asaz, sumber, tujuan dan fungsi hukum, subjek dan objek hukum, peristiwa hukum kemudian diperkaya dengan penemuan dan intrepetasi hukum.
87201 - 2020/2021 Ganjil
MATA KULIAH INI MEMBERIKAN PEMAHAMAN BERBAGAI ISTILAH, PENGERTIAN DAN FUNGSI PIH DAN/ATAU ILMU HUKUM, ISTILAH DAN PENGERTIAN HUKUM DARI BERBAGAI MAZHAB DAN DIPERKAYA DENGAN KLASIFIKASI JENIS HUKUM DAN NORMA SOSIAL, ASAS, TUJUAN DAN FUNGSI HUKUM, SUBYEK DAN OBYEK HUKUM, PERISTIWA HUKUM, METODE INTERPRETASI DAN PENEMUAN HUKUM, KEBERLAKUAN DAN KETATAN HUKUM
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami konsep dasar mengenai administrasi dan manajemen, serta dapat mengaplikasikannya dalam pengelolaan organisasi. Mahasiswa juga diminta untuk mengenali perkembangan konsep Administrasi dan manajemen untuk dapat melakukan antisipasi penerapan konsep administrasi dan manajemen sesuai dengan perkembangan konteks dan karakteristik organisasi.
Ruang lingkup materi perkuliahan beserta pokok-pokok bahasan yang membangun mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
a. Sejarah, Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
b. Bahasa Ragam Ilmiah
c. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: PUEBI
d. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Kata, Frasa, Klausa, dan Diksi
e. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Kalimat dan Kalimat Efektif
f. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Paragraf
g. Hakikat Menulis Karya Ilmiah
h. Langkah-langkah Menulis Karya Ilmiah
i. Jenis-jenis Karya Ilmiah
j. Menulis Akademik
k. Pengembangan Paragraf
l. Etika Kutipan, Rujukan, Submit, dan Daftar Pustaka
m. Pidato dan Debat
Ruang lingkup materi perkuliahan beserta pokok-pokok bahasan yang membangun mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
a. Sejarah, Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
b. Bahasa Ragam Ilmiah
c. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: PUEBI
d. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Kata, Frasa, Klausa, dan Diksi
e. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Kalimat dan Kalimat Efektif
f. Struktur Bahasa Ragam Ilmiah: Paragraf
g. Hakikat Menulis Karya Ilmiah
h. Langkah-langkah Menulis Karya Ilmiah
i. Jenis-jenis Karya Ilmiah
j. Menulis Akademik
k. Pengembangan Paragraf
l. Etika Kutipan, Rujukan, Submit, dan Daftar Pustaka
m. Pidato dan Debat
CP Sikap MK: Mahasiswa mampu menunjukkan perilaku administrator
yang baik dalam rangka mengaktualisasi nilai-nilai, fungsi-fungsi dan
prinsip-prinsip ilmu administrasi dan manajemen, baik dalam kehidupan
sehari-hari, dalam konteks organisasi maupun dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
CP Pengetahuan MK: Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar ilmu administrasi dan manajemen, perkembangan administrasi dan manajemen sebagai seni dan ilmu serta beberapa fungsi dan prinsip ilmu administrasi dan manajemen
CP Keterampilan MK: Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan konsep dasar ilmu administrasi dan manajemen serta mampu mengaplikasikan fungsi-fungsi dan prinsip-prinsip ilmu administrasi dan manajemen
Mata kuliah ini mengkaji tinjauan historis mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia, sejak kehidupan masa pra-aksara hingga masuknya pengaruh India (Hindu -Budha) dan pertumbuhan serta perkembangan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia hingga keruntuhannya menjelang masuknya pengaruh Islam di Indonesia, dengan materi Sejarah Indonesia 1 untuk S-1 program studi Pendidikan Sejarah meliputi : perspektif pengantar tentang perubahan pada masyarakat Indonesia, sejarah kuno masyarakat Indonesia serta kebudayaan primitif pada masa pra-aksara, sejarah kuno Indonesia struktur sosial dan ekonomi tradisional, masuk dan berkembangnya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia, munculnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia hingga keruntuhannya, masuk dan berkembangnya pengaruh Islam di Indonesia dan pertumbuhan kerajaan-kerajaan bercorak Islam hingga mulainya gejolak dan instabilitas pada kerajaan-kerajaan Islam.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan tradisi, budaya daerah, dan kearifan lokal. Materi diawali dari kehidupan Indonesia pada masa praaksara dan Hindu Budha sebagai bagian pilar lahirnya budaya-budaya daerah. Pengembangan emosional ditujukan pada pemahaman bahwa budaya itu sifatnya dinamis dan saling mempengaruhi, sehingga setiap masyarakat dan budayanya memiliki kesederajatan untuk hidup dan berkembang di Indonesia. Pemahaman tentang beragamnya budaya nusantara merupakan sesuatu yang penting untuk dipahami oleh mahasiswa untuk menumbuhkan kesadaran bahwa setiap budaya daerah memiliki ciri khas yang membedakan dengan daerah lain. Melalui pemahaman tersebut diharapkan akan tumbuh kesadaran akan pentingnya kearifan lokal dan multikulturalisme.
Pengantar Sosiologi merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Sosiologiyang dirancang untuk meletakkan dasar-dasar konseptual untuk memahami sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari seluk-beluk kehidupan masyarakat manusia dan dinamikanya. Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup 10 (sepuluh) topik utama yakni sebagai berikut: (1) Pengertian, objek, metode, dan perkembangan Sosiologi di Indonesia; (2) Proses sosial dan interaksi sosial; (3) Kelompok-kelompok sosial; (4) Kebudayaan dan masyarakat; (5) Lembaga sosial; (6) Stratifikasi sosial; (7) Kekuasaan, wewenang, dan kepemimpinan; (8) Perubahan sosial dan kebudayaan; (9) Masalah-masalah sosial; dan (10) Tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan Sosiologi.
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan mencari, menyerap, menganalisis informasi tentang konsep-konsep dasar dan perkembangan Sosiologi serta memahami alur-alur berpikir ahli Sosiologi dalam kegiatan keilmuan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat pembelajar sepanjang hayat.
Sejarah Islam di Indonesia, dahulu namanya SNI II, yang mengambil periode waktu yaitu sejak datang, muncul dan berkembangnya agama Islam di bumi Nusantara kala itu kurun waktunya yaitu diperkirakan abad ke-11 sampai dengan datangnya bangsa-bangsa Barat ke Nusantara pada abad ke-16 M. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bidang studi di jurusan Pendidikan sejarah, usianya tergolong cukup lama keberadaanya di Jurusan Pendidikan Sejarah, karena dikhawatirkan akan terjadi overlapping dengan mata kuliah Sejarah Peradaban Islam, maka mata kuliah ini memfokuskan dirinya pada perkembangan Islam di Indonesia sejak kemunculannya yang dibawa oleh para podagang Islam baik dari Gujarat India, Hadramaut, Persia, Mekkah dan Mesir dan bahkan China.
Setelah mahasiswa mempelajari mata kuliah ini diharapkan dapat: Memahami
konsep dasar
strategi
pembelajaran
efektif. Menganalis
penerapan teori teori belajar
dalam
pembelajaran. Memilih
pendekatan
pembelajaran
yang sesuai mata
pelajaran Sejarah. Memilih model
pembelajaran
yang sesuai
mata pelajaran Sejarah. Mengaplikasikan strategi dalam
pembelajaran
yang efektif. Memilih dan
menetapkan
metode dan
teknik
pembelajaran
sesuai mata
pelajaran.. Mengaplikasikan model,
pendekatan,
strategi, metode
dan teknik
dalam
Menetapkan
materi esensial. Mengelola kelas
yang efektif. Mengaplikasikan permasalahan
pembelajaran
dalam penelitian.