Global searching is not enabled.
Skip to main content

31 Courses

KEWIRAUSAHAAN DKV
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004027704 IRFAN

KEWIRAUSAHAAN DKV

Pengetahuan kewirausaahan dan keterampilan berwirausaha diera digital

DESAIN MEDIA INTERAKTIF
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004027704 IRFAN

DESAIN MEDIA INTERAKTIF

Pengetahuan dan keterampilan merancang desain media interkatif yang menggabungkan teks, visual, animasi, video, audio, dan layout dalam mengerjakan proyek tertentu yang membutuhkan publikasi, promosi, sosialisasi, maupun edukasi

IKLAN KONVENSIONAL (Periklanan I)
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004027704 IRFAN

IKLAN KONVENSIONAL (Periklanan I)

Mempelajari berbagai jenis iklan konvensional baik elektronik maupun cetak, baik jenis ATL maupun BTL serta kondisinya di era digital saat ini, bagaimana adaptasinya dan survivalnya terhadap perubahan zaman

20201 SEJARAH SENI RUPA INDONESIA
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011098707 AULIA EVAWANI NURDINTeacher: 0004027704 IRFAN

20201 SEJARAH SENI RUPA INDONESIA

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH SEJARAH SENI RUPA INDONESIA

Sejarah Seni Rupa Indonesia merupakan serangkaian kajian materi sejarah seni rupa baik secara diakronik maupun singkronik yang dikemas dalam periodesasi sejak prasejarah hingga modern. 

PENGETAHUAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: DIAN CAHYADI

PENGETAHUAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa perlunya pemahaman terhadap perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI), terutama yang terkait dengan hasil karya Desain. Meskipun hanya merupakan sebuah pengantar, namun diharapkan akan memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai berbagai hal terkait HKI. Sebagaimana diketahui bahwa di era sekarang ini, industri kreatif tumbuh dimanamana tidak terkecuali produk desain, yang sesungguhnya menuntut perlindungan akan kepemilikan hasil karya secara formal. Pada titik inilah perlunya pemahaman mengenai HKI sebagai antisipasi dari kemungkinan penyalahgunaan atau pemanfaatan yang tidak berhak dari ide-ide kreatif yang dihasilkan, meskipun hasil karya tersebut belum pada posisi yang bernilai saat itu. Memasuki millennium baru, HKI menjadi isu penting dalam berbagai forum, baik dalam forum nasional, regional maupun internasional. Hal ini terkait dengan munculnya berbagai pelanggaran yang merugikan secara ide maupun materi terhadap pemilik hak dan wewenang pencipta maupun pemegang hak cipta. Jika dikaitkan dengan produk Desain, maka hal ini akan jauh lebih rumit dan variatif karena konsep dan nilai karya desain tidak hanya berfokus pada produk akhirnya, tetapi mulai dari perencanaan, proses, bahan, ukuran, warna, produk bahkan kegunaannya menjadi bagian yang rentan terhadap pencurian ide, sehingga secara konseptual, sesungguhnya sudah berada pada tahap awal potensi penyalahgunaan. Karena itu, buku ini diharapkan dapat memberikan dasar-dasar pemahaman akan HKI bagi upaya melindungi ide dan karya kreatif khususnya di bidang desain. Buku ini jauh dari sempurna dan senantiasa terbuka untuk mengadaptasi perkembangan terkini dengan membuka diri dari kritik dan saran yang kondusif demi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan desain.

90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: DIAN CAHYADI

MANAJEMEN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Deskripsi: 

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiwa terkait metode, strategi, kepemimpinan, brief, perkembangan manajerial pekerjaan desain, dan manajemen penanganan klien. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan dan kajian-kajian relevansi manajerial bidang deskomvis terhadap perkembangan keprofesian bidang desain komunikasi visual kekinian dan akan datang.

90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: DIAN CAHYADI

DIAN CAHYADI, S.Sn., M.Ds.

SELAMAT DATANG DI KELAS DIGITAL MK SEJARAH DESAIN GRAFIS 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DAN KONTRAK PERKULIAHAN 

 I. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER 

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiwa terkait sejarah, perkembangan, dan tren aliran dan gaya-gaya desaindesain grafis dunia dan di Indonesia. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan dan kajian-kajian relevansi sejarah terhadap perkembangan desain grafis kekinian dan akan datang. 

 CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI: 

 A. CAPAIAN SIKAP 

1. Pengetahuan pendukung keilmuan desain komunikasi visual yang mencakup teori komunikasi, komunikasi budaya, psikologi persepsi, psikologi sosial, manajemen, sosiologi komunikasi, bahasa rupa, budaya visual, teori media, analisis visual, retorika visual, semiotika visual, generating idea. 

2. Menguasai pengetahuan sejarah seni rupa dan desain. 

B. CAPAIAN PENGETAHUAN UMUM: 

1. Memiliki keahlian dasar dalam bidang ilmu Desain Komunikasi visual. 

2. Pengetahuan bidang desain komunikasi visual yang mencakup prinsip desain serta unsur-unsur desain. 

3. Menguasai pengetahuan sejarah seni rupa dan desain. 

C. CAPAIAN KETERAMPILAN UMUM: 

1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 

 2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan desain yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir karya, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 

D. CAPAIAN KETERAMPILAN KHUSUS: 

1. Mampu melakukan riset dan menjadikannya landasan pembentukan ide dan konsep desain dengan mempertimbangkan aspek budaya, etika, dan sejarah. 

Catatan: 

Dalam konteks Kerangka Kualifikasi Nasional Indoensia, rumusan kompetensi lulusan program studi di berbagai PT dan merujuk kepada KKNI: (1) Pengetahuan (knowledge) tentang konsip, prinsip, teori dan fakta yang melekat pada bidang keilmuan ; (2) keterampilan (skills) merujuk kepada kemampuan menggunakan pengetahuan termasuk keterampilan berpikir (logis, kritis, kreatif, intuitif) serta keterampilan dalam menggunakan metode, bahan, instrumen dalam mengerjaklan sesuatu; dan (3) sikap (attitudes) dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia. Ranah yang ketiga dimunculkan dalam bentuk kemampuan melaksanakan tugasnya atau sesuatu dengan penuh tanggung jawab. 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH: 

1. Mahasiswa mengetahui sejarah desain grafis dunia dan di Indonesia; 

2. Mahasiswa mengetahui sejarah dan tipikal aliran dan gaya-gaya desain; 

3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi ragam aliran dan gaya-gaya desain; 

4. Mahasiswa mengetahui perkembangan desain grafis dunia dan di Indonesia 

5. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah desain grafis dunia dan di Indonesia beserta ragam aliran dan gaya desainnya; 

6. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan desain grafis dunia dan di Indonesia, terkait tren desain pada setiap masanya dan fenomena perkembangan desain terkini. 

7. Mahasiswa mampu melakukan kajian analisis perkembangan dan kecenderungan trend desain grafis kekinian dan akan datang. 


II. KONTRAK PERKULIAHAN 

A. Proses Pembelajaran 

1. Perkuliahan ini terdiri dari 16 pertemuan diantarai pertemuan bersifat evaluatif (UTS dan UAS). 

2. Perkuliahan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) 

3. Sifat perkuliahan literasi materi-materi yang sumber referensinya dapat diperoleh secara mandiri oleh mahasiswa berdasarkan petunjuk dan arahan oleh dosen pengampu yang setiap penggalan-penggalan materi perkuliahaannya disertai penugasan terstruktur sebagai bentuk evaluasi capaian pertemuan. 

4. Bentuk evaluasi Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester berbentuk penugasan proyek implementasi pengetahuan dalam bentuk karya sesuai petunjuk dan arahan dosen-dosen pengampu yang akan menjadi bahan evaluasi capaian pembelajaran setiap mahasiswa. 

B. Waktu perkuliahan: 

1. Materi perkuliahan akan disampaikan setiap minggunya dan diharapkan kepada mahasiswa agar dapat berkala (update) mengikuti dan waktu perkuliahan yang telah diatur terjadwal tepat waktu pada setiap hari selasa, pukul 14.00 - 16.00 WITA. 

2. Keterlambatan absensi melebihi 15 menit pada setiap waktu mulainya perkuliahan digital atau absensi melebihi pulul 14.15 WITA berakibat pengurangan capaian poin setiap pertemuannya berdasarkan rekaman digital. 

3. Mahasiswa yang tidak melakukan absensi sebanyak 4 pertemuan atau keterlambatan absensi sesuai poin 2 di atas dianggap mengundurkan diri. 

C. Penugasan: 

1. Diharapkan kepada mahasiswa agar dapat memperhatikan materi, instruksi, dan materi penugasan yang akan disampaikan tiap minggunya secara seksama dan dapat memahaminya dengan baik dan tepat. 

2. Diharapkan mahasiswa agar dapat melakukan setor tugas secara tepat waktu. Keterlambatan setoran penugasan tidak akan dievaluasi dan akan dikembalikan berakibat pada kehilangan poin utuh penugasan. 

D. Penilaian: 

1. Pemberian dan mekanisme pemberian nilai akhir berdasarkan pasal 33 Peraturan Rektor Universitas Negeri Makassar No. 401/UN36/HK/2019, tentang Peraturan Akademik yang berlaku di Universitas Negeri Makassar. 

2. Bobot penilaian hasil belajar terdiri dari ujian tengah semester (UTS) 30%, ujian akhir semester (UAS) 40%, tugas terstruktur 10%, tugas mandiri 10% dan partisipasi/keaktifan 10%. 

3. Bobot reduksi poin yang diakibatkan oleh ketidak disiplinan (lihat point B.2) turut memberikan pengaruh pada bobot penilaian 

4. Nilai hasil belajar mahasiswa dinyatakan dengan huruf dengan konversi nilai angka sebagai berikut: - Nilai A dengan derajat penguasaan (91 – 100)%, dengan nilai angka 4,00. 

- Nilai A- dengan derajat penguasaan (86 – 90)%, dengan nilai angka 3,75. 

- Nilai B+ dengan derajat penguasaan (81 – 85)%, dengan nilai angka 3,25. 

- Nilai B dengan derajat penguasaan (76 – 80)%, dengan nilai angka 3,00. 

- Nilai B- dengan derajat penguasaan (71 – 75)%, dengan nilai angka 2,75. 

- Nilai C+ dengan derajat penguasaan(66 – 70)%, dengan nilai angka 2,25. 

- Nilai C dengan derajat penguasaan (61 – 65)%, dengan nilai angka 2,00. 

- Nilai C- dengan derajat penguasaan (56 – 60)%, dengan nilai angka 1,75. 

- Nilai D+ dengan derajat penguasaan(51 – 55)%, dengan nilai angka 1,25. 

- Nilai D dengan derajat penguasaan (46 – 50)%, dengan nilai angka 1,00. 

- Nilai D- dengan derajat penguasaan (41 – 45)%, dengan nilai angka 0,75. 

- Nilai E dengan derajat penguasaan di bawah 41%,dengan nilai angka 0,00. 5. 

Nilai C-, D+, D, D- dan E dinyatakan tidak lulus. 6. Selain nilai A sampai dengan nilai E, digunakan pula nilai K yang berarti kosong. 

7. Nilai K adalah nilai yang diberikan kepada mahasiswa yang mengundurkan diri dari satu mata kuliah atau lebih berdasarkan alasan yang dapat diterima. 

8. Mereka yang tidak mengikuti ujian semester tanpa pemberitahuan secara tertulis diberikan nilai E. 

RPS dan KONTRAK PERKULIAHAN ini dibuat untuk diperhatikan dan dilaksana selama perkuliahan ini dilaksanakan. 

 

Ganjil 2020 NIRMANA 1
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0023066410 AGUSSALIM DJIRONG

Ganjil 2020 NIRMANA 1

Mata kuliah Nirmana 1 adalah salah satu matakuliah yang ada di program studi Desain Komunikasi Visual yang diambil oleh mahasiswa pada semester pertama, matakuliah Nirmana ini juga merupakan matakuliah casar yang sahib

20201 GAMBAR BENTUK
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0010016103 MUHAMMAD SALEH HUSAINTeacher: 0002048904 SATRIADI

20201 Teknik Presentasi

Kemampuan teknis melakukan presentasi menjadi kebutuhan yang sangat mendukung semua jenis profesi. Tidak terkecuali dalam profesi desain, oleh karena itu dianggap sangat penting membekali mahasiswa materi teknik-teknik presentasi. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa mengenai konsep komunikasi dan presentasi di depan umum, teknik presentasi, dan melatih keterampilan melakukan presentasi. Cakupan materi matakuliah ini meliputi: pengertian komunikasi dan komunikasi dalam kelompok, pengertian presentasi, pemilihan aplikasi pembuatan presentasi, perencanaan materi presentasi, penguasaan aspek teknis, teknik penyajian presentasi, sikap dalam presentasi.



90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: ABD. AZIZ AHMADTeacher: BASO INDRA WIJAYA AZIZ

Baso Indra Wijaya Aziz, S.Sn.,M.Sn.

Mahasiswa memahami dan mampu melaksanakan proses pembuatan video mulai dari pra produksi, produksi, dan paska produksi sesuai dengan kaidah sinematografi. Mahasiswa memiliki wawasan tentang perkembangan media digital dan berbagai produk audio visual sebagai bagian komunikasi visual.  Mata kuliah videografi merupakan pengembangan dari mata kuliah fotografi. Prinsip dasar pada fotografi (still picture) dapat diterapkan pada videografi (motion picture).

90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: BASO INDRA WIJAYA AZIZTeacher: 0514058701 M. MUHLIS LUGIS

Baso Indra Wijaya Aziz, S.Sn.,M.Sn.

Mahasiswa mampu menjadikan fotografi sebagai peluang usaha dengan memanfaatkan berbagai macam teknik  pemotretan pada fotografi fashion, fotografi produk, fotografi makanan, dan fotografi arsitektur. Proses kreatif fotografi mengacu pada konsep,gagasan, dan peluang usaha yang dibutuhkan saat ini. Mata kuliah Fotografi Komersial merupakan mata kuliah lanjutan dari Mata Kuliah Pengantar Fotografi dan Mata Kuliah Fotografi Ekspresi.

90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004056616 ALIMUDDIN

20201- MENGGAMBAR SUASANA

Mata Kuliah Menggambar suasana merupakan dasar-dasar dalam mengembangkan kemampuan Mahasiswa untuk memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan menggambar berbagai suasana  aktivitas manusia dan alam sekitarnya, secara anatomis dan proporsional serta karakter gambarnya. Kompetisi ini penting dimiliki  mahasiswa untuk menunjang dalam mendesain komunikasi visual. Mata kuliah pembelajarannya lebih dominan bersifat praktik dengan bobot 3 SKS.   

20201 FILSAFAT SENI
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0002048904 SATRIADITeacher: 0011086607 SUKARMAN B

20201 FILSAFAT SENI

Filsafat Seni pada Fakultas Seni dan Desain UNM adalah sebuah mata kuliah berbobot 2 SKS yang wajib dilulusi oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual. Mata kuliah ini secara khusus menyajikan berbagai konsep, teori, dan pandangan tentang seni dan keindahan untuk membangun pemahaman mahasiswa peserta mata kuliah tentang hakikat seni dan keindahan, serta berupaya mengembangkan sikap kritis mahasiswa tersebut terhadap fenomena seni dan keindahan melalui kegiatan penelaahan dan penanggapan karya seni

20201 KOLOKIUM_kelas01
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011086607 SUKARMAN B

20201 KOLOKIUM_kelas01

Kolokium pada Fakultas Seni dan Desain UNM adalah sebuah matakuliah wajib berbobot 2 SKS yang wajib dilulusi oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual. Mata kuliah Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa DKV untuk mendiskukan substansi dan permasalahan yang diproyeksikan menjadi subjek penelitian Tugas Akhir, mematangkan pemahaman tentang pentingnya landasan konseptual dan faktual dalam menyusun makalah gagasan awal Tugas Akhir, serta  membangun kemampuan menyusun makalah gagasan awal dan memperesentasikannya dalam suatu seminar. 

DKV V Desain Web Kelas B
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004027704 IRFAN

DKV V Desain Web Kelas B

DKV 5 fokus pada pemahaman internet dan jenis-jenis website, pengetahuan UI dan UX, proses pembuatan interface dari riset konsep, sketsa desain layout, desain dengan aplikasi komputer, merancang wireframe, mockup hingga prototype dengan menggunakan aplikasi yang sesuai

Teori Periklanan
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0004027704 IRFAN

Teori Periklanan

Teori Iklan/penulisan Naskah Iklan menekankan pada pegertian iklan, teori iklan, fungsi iklan, media iklan, teknik penulisan naskah iklan, headline, bodycopy, serta jenis-jenis iklan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan dihadapi dalam dunia usaha/industri.


Drs. Aswar, M.Ds
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Dosen: 0023046606 ASWAR

Drs. Aswar, M.Ds

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Selamat bertemu kembali dalam pembelajaran semester ganjil 2020-2021, semoga kita masih dalam keadaan sehat walafiat aamiin YRA. Sebelum kita memulai pembelajaran ini, sebaiknya kita berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Gambaran Mata Kuliah Animasi 1 (berbasis 2 dimensi)

Animasi atau anima (Latin) yang berarti “hidup”. Animasi juga bisa diartikan sebagai ilusi dari gerakan, atau hidup yang dapat terjadi dengan cara menggerakkan secara cepat serangkaian gambar yang mempunyai gerakan secara bertahap dari masing-masing bagian obyek gambar tersebut (Ranang S, 2010:9).

Animasi adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.

Animasi 2 Dimensi adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah. (Tirtamedia, 2020)

 

Capaian pembelajaran

CPL Prodi: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang animasi (3 dimensi), Memiliki keahlian secara mandiri dalam analisis,, Mampu mengkaji dan mengangkat sebuah tema masalah dalam berbagai fenomena sosial

 

CPL Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menguasai berabagai softwere aplikasi (program grafis dan animasi) pada pembuatan animasi 1 berbasis dua dimensi, serta menghasilkan film animasi berdurasi pendek yang komunikatif melalui bahasa visual  dan sinematografi yang menarik sesuai target.




90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course
90241 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course