31 Courses
Mata kuliah ini mempelajari ilmu, metode ilmiah dan sistematika laporan penelitian, karakteristik penelitian kualitaitf, jenis-jenis metode penelitian kualitatif, misi penelitian
kualitatif, prosedur penelitian kualitatif, dan pembuatan Konteks penelitian,
fokus penelitian,
kerangka konseptual
penelitian kualitaitf; objek, metode, sumber dan jenis data; teknik dan alat pengumpulan
data; analisis data kualitaif dan penyusunan laporan penelitian
Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah pilihan di program studi Administrasi Pendidikan dengan bobot 2 sks, yang dibawakan oleh Dr. Wahira, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pendekatan dalam pengelolaan kelas, strategi pengelolaan lingkungan belajar, pembinaan disiplin dan perilaku, penciptaan iklim kelas, dan hambatan-hambatan dalam manajemen kelas.
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: Berkontibusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila, Menghargai keragman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain, Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik, Menunjukkan tanggung jawab atas pekerjaan di bidang evaluasi program mandiri, Menguasai konsep dan fungsi evaluasi program pendidikan, Menguasai konsep dan program evaluasi pendidikan dan Mampu menjalankan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks Program pengembangan evaluasi, Mampu mengkaji komponen dan inikator serta kriteria dalam EPP, Mampu menerapkan model-evaluasi program, Mampu menerapkan program evaluasi, program evaluasi pendidikan
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen konflik, konflik dan kekerasan, konsep dan analisis antar etnis, Hetrogenitas dan konflik sosial, kekerasan simbolik melalui gambar, Habitus dan dominasi kelas, kekerasan simbolik dalam kalimat, konsep manajemen konflik organisasi, Pendekatan manajemen konflik dan performansi kerja, Model konseptual manajemen konflik, konflik dan perundingan, Implementasi manajemen konflik dan produktivitas organisasi, manajemen konflik tentang kerja sama dan perundingan organisasi, penerapan hubungan industrial pancasila dan permasalahannya.
Perkembangan peserta didik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan
peserta didik mulai sejak usia dini, sekolah dasar, menengah dan dewasa. Memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan
tahap-tahap perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan manusia dan implikasinya dalam
penyelenggaraan pendidikan dari usia anak, remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin terjadi pada
setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan. Serta mampu mengembangkan program belajar/kegiatan sebagai
solusi dalam mengatasi masalah di setiap tugas perkembangan manusia (anak, remaja dan dewasa).
Dosen 1 | Dosen 2 |
---|---|
Mata kuliah manajemen diklat merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 3 SKS, yang dib awakan oleh Dr. Wahira, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi menyebabkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja personil perlu diperbaharui. Mempertahankan pola-pola kerja lama akan mengakibatkan penyelenggaraan aktivitas organisasi menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, agar organisasi dapat eksis dalam perkuliahan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi, perlu program reorientasi kualifikasi personil melalui manajemen pendidikan dan latihan yang efektif.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan
dapat memahami konsep dan model manajemen pendidikan & pelatihan serta mampu menganalisis &
merancang kegiatan pendidikan dan
pelatihan dari berbagai model-model konseptual, desain,
implementasi , manajemen pendidikan & pelatihan, serta dapat mengevaluasi proses diklat.
Mata kuliah belajar dan Pembelajaran dengan bobot 3 SKS, yang dibawakan oleh Drs. Bachtiar, M.Si. dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran adalah salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep belajar dan pembalajaran, pendekatan dan metode belajar dan pembalajaran dan hubungannya dengan komponen-komponen lain, masalah-masalah kesulitan belajar dan pembejaran berbasis nilai
Mata kuliah model-model manajemen satuan pendidikan adalah merupakan mata kuliah wajib, dengan bobot 3 SKS yang dibawakan oleh Dr. Ardiansyah, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Model-model manajemen satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
Selamat bergabung di kelas Perilaku Organisasi.
Mata kuliah ini akan diampuh oleh dua dosen yaitu (1) Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd dan (2). Dr. Ed. Faridah, S.T., M.Sc. Perkuliahan akan dilaksanakan secara daring, baik secara synchronous maupun asynchronous. Tatap muka secara langsung melalui kelas virtual akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom. Tautan untuk kelas virtual secara synchronous akan diinformasikan kepada mahasiswa paling lambat sehari sebelum kelas dimulai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Beberapa buku yang dapat digunaka dalam perkuliahan ini:
Sampai bertemu di kelas virtual dan salam sehat untuk kita semua!
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan matakuliah inti dengan Bobot 3 SKS. matakuliah ini di ampuh oleh Syamsurijal Basri, S.Pd.,, M.Pd dan Drs. A. Mappincara, M.Pd dan Syamsurijal Basri, S.Pd.,, M.Pd. Dalam perkuliahan ini Mahasiswa belajar Manajemen Sumber daya manusia mencakup masalah defenisi dan hakikat manajemen sumber daya manusia, perencanaan sumber daya manusia, analsisi jabatan, rekrutmen dan seleksi pegawai, Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan karir, disiplin pegawai, kompensasi pegawai, evaluasi kinerj
Dosen 1 Dosen 2
Drs. A. Mappincara, M.Pd Syamsurijal Basri, S.Pd., M.Pd
Mata kuliah membahas Konsep Dasar MMT dan Falsafah Manajemen Mutu Terpadu, Hakikat MMT dalam Pendidikan, dan Mengapa MMT diiperlukan. tujuan penerapannya MMT, Penerapan Manajemen Mutu TerpaduPrinsip dan Karakterisitik MBS, Strategi Implementasi MBS, Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi MBS, Perencanaan pengembangan sekolah, tahapan perencanaan pengembangan sekolah, konsep dasar peranserta masyarakat dalam pendidikan, peningkatan profesionalisme Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah .
Ruang pembelajaran Mata kuliah terdiri dari pembelajaran dalam cara Supervisi Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan, Konsep Supervisi Pendidikan, Teknik dan Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan, Prinsip dan Model Supervisi pendidikan, Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah, Supervisi Akademik, Perencanaan Supervisi Akademik , Tekinik - teknik Supervisi Akademik, Supervisi Klinis, tindak Lanjut Supervisi Akademik, Masalah Guru di sekolah dalam persektif supervisi sekolah, produk Supervisi Pendidikan.
Mata kuliah ini membahas tentang perofesionalisme guru sebagai dinamika pelaksanaan pendidikan nasional yang disusun menurut kerangka skematis berbasis pada upaya membuka keluasan wawasan pendidikan bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, membina sikap kreatif dan mengarahkan perilaku profesional. Secara praktis, kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang Konsep dasar profesi kependidikan, pengembangan profesi, jenis-jenis, tugas dan tanggungjawab profesi, etika profesi pendidikan, tantangan interpersonal profesional, delapan manajemen komponen sekolah, supervisi pendidikan dan Organisasi profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
Kapita Selekta AP adalah mata kuliah pilihan dengan bobot 2 sks yang mengkaji berbagai macam isu tentang dinamika sistem tata kelola pendidikan sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan Administrasi Pendidikan di Indonesia, baik pada tataran makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Kapita Selekta AP merupakan salah satu mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester akhir yang belajar beragam masalah pendidikan yang hangat, sehingga memungkinkan mahasiswa melakukan kajian kritis untuk mengungkap, melihat, mendeskripsikan, dan memposisikan isu-isu administrasi pendidikan baik dari segi legislasi, konsepsi, maupun praktiknya .
Mata kuliah Teori organisasi merupakan salah satu mata kuliah pokok mata kuliah Teori organisasi dan ruang lingkup teori organisasi, proses pengorganisasian, tipe organisasi formal dan informal, bentuk-bentuk organisasi, Teori klasik, Teori ilmiah, Teori Administasi Modern, Teori Pra - Hubungan Manusia , Teori Hubungan Manusia , Teori Sistem Alam, Teori Stuktural-Fungsional, Teori sistem terbuka, Teori Sumberdaya Manusia, Teori Kepemimpinan dan Budaya Organisasi.