Global searching is not enabled.
Skip to main content

31 Courses

86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0010038702 ANDI WAHEDTeacher: 0014076207 ARISMUNANDARTeacher: 0024027405 FARIDAH

20202.2-METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

Mata kuliah ini mempelajari ilmu, metode ilmiah dan sistematika laporan penelitian, karakteristik penelitian kualitaitf, jenis-jenis metode penelitian kualitatif, misi penelitian kualitatif, prosedur penelitian kualitatif, dan pembuatan Konteks penelitian, fokus penelitian, kerangka konseptual penelitian kualitaitf; objek, metode, sumber dan jenis data; teknik dan alat pengumpulan data; analisis data kualitaif dan penyusunan laporan penelitian

20202-MANAJEMEN KELAS
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0024068407 IRMAWATITeacher: 0012027008 WAHIRA

20202-MANAJEMEN KELAS

.Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah pilihan di program studi Administrasi Pendidikan dengan bobot 2 sks, yang dibawakan oleh Dr. Wahira, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pendekatan dalam pengelolaan kelas, strategi pengelolaan lingkungan belajar, pembinaan disiplin dan perilaku, penciptaan iklim kelas, dan hambatan-hambatan dalam manajemen kelas.

20202-EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0018055808 ANDI NUROCHMAHTeacher: MUHAMMAD ARDIANSYAHTeacher: 0031125637 SYAMSU K

20202-EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: Berkontibusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila,  Menghargai keragman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain, Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik,  Menunjukkan tanggung jawab atas pekerjaan di bidang   evaluasi program  mandiri,  Menguasai konsep dan fungsi evaluasi program pendidikan, Menguasai konsep dan program evaluasi pendidikan dan   Mampu menjalankan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks Program pengembangan evaluasi, Mampu  mengkaji  komponen dan inikator serta kriteria dalam EPP,  Mampu  menerapkan model-evaluasi program, Mampu menerapkan program evaluasi, program evaluasi pendidikan  

86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0029076905 ANSARTeacher: 0024068407 IRMAWATITeacher: 0031125630 MUHAMMAD BACHTIARTeacher: 0002128302 SUMARLIN MUSTeacher: 0012027008 WAHIRA

20202-Manajemen Konflik

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen konflik, konflik dan kekerasan, konsep dan analisis antar etnis, Hetrogenitas dan konflik sosial, kekerasan simbolik melalui gambar, Habitus dan dominasi kelas, kekerasan simbolik dalam kalimat, konsep manajemen konflik organisasi, Pendekatan manajemen konflik dan performansi kerja, Model konseptual manajemen konflik, konflik dan perundingan, Implementasi manajemen konflik dan produktivitas organisasi, manajemen konflik tentang  kerja sama dan perundingan organisasi, penerapan hubungan industrial pancasila dan permasalahannya.

20202-PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0020126210 SITI HABIBAHTeacher: 0031125637 SYAMSU K

20202-PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Perkembangan peserta didik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik mulai sejak usia dini, sekolah dasar, menengah dan dewasa. Memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahap-tahap perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan manusia dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan dari usia anak, remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin terjadi pada setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan. Serta mampu mengembangkan program belajar/kegiatan sebagai solusi dalam mengatasi masalah di setiap tugas perkembangan manusia (anak, remaja dan dewasa).

Dosen 1 Dosen 2
.
.



86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course
20202-MANAJEMEN DIKLAT
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0024068407 IRMAWATITeacher: 0012027008 WAHIRA

20202-MANAJEMEN DIKLAT


Mata kuliah manajemen diklat merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 3 SKS, yang dib awakan oleh Dr. Wahira, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd.

Perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi menyebabkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja personil perlu diperbaharui. Mempertahankan pola-pola kerja lama akan mengakibatkan penyelenggaraan aktivitas organisasi menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, agar organisasi dapat eksis dalam perkuliahan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi, perlu program reorientasi kualifikasi personil melalui manajemen pendidikan dan latihan yang efektif.

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dan model manajemen pendidikan & pelatihan serta mampu menganalisis & merancang  kegiatan pendidikan dan pelatihan dari berbagai  model-model konseptual, desain, implementasi , manajemen pendidikan & pelatihan,  serta dapat mengevaluasi proses diklat.


20202-BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0024068407 IRMAWATITeacher: 0031125630 MUHAMMAD BACHTIAR

20202-BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Mata kuliah belajar dan Pembelajaran dengan bobot 3 SKS, yang dibawakan oleh Drs. Bachtiar, M.Si. dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran adalah salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep belajar dan pembalajaran, pendekatan dan metode belajar dan pembalajaran dan hubungannya dengan komponen-komponen lain, masalah-masalah kesulitan belajar dan pembejaran berbasis nilai

20202-MODEL-MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: MUHAMMAD ARDIANSYAHTeacher: 0024068407 IRMAWATI

20202-MODEL-MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN

Mata kuliah model-model manajemen satuan pendidikan adalah merupakan mata kuliah wajib, dengan bobot 3 SKS yang dibawakan oleh Dr. Ardiansyah, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Model-model manajemen satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0014076207 ARISMUNANDARTeacher: 0024027405 FARIDAH

20202-PERILAKU ORGANISASI

Selamat bergabung di kelas Perilaku Organisasi. 

Mata kuliah ini akan diampuh oleh dua dosen yaitu (1) Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd dan (2). Dr. Ed. Faridah, S.T., M.Sc. Perkuliahan akan dilaksanakan secara daring, baik secara synchronous maupun asynchronous. Tatap muka secara langsung melalui kelas virtual akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom. Tautan untuk kelas virtual secara synchronous akan diinformasikan kepada mahasiswa paling lambat sehari sebelum kelas dimulai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Mahasiswa agar berada di lokasi yang memungkinkan untuk akses jaringan internet agar dapat mengikuti perkuliahan secara maksimal.
  2. Mahasiswa diminta secara reguler mengecek laman pembelajaran yang telah disediakan untuk memastikan update informasi yang diberikan oleh dosen.
  3. Pemantauan aktivitas perkuliahan akan dilakukan melalui kehadiran, keaktifan, dan partisipasi dalam kuis, penugasan dan diskusi.
  4. Mahasiswa diwajibkan untuk memiliki minimal 1 buku pegangan sebagai bahan referensi utama.

Beberapa buku yang dapat digunaka dalam perkuliahan ini:

  1. Perilaku Dalam Organisasi, Penulis: Prof. Dr. Wibowo, S.E., M. Phil. 
  2. Perilaku Organisasi, Penulis: Stephen P. Robbins – Timothy A. Judge.
  3. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Penulis: Stephen P. Robbins

Dalam mata kuliah ini, kajian utama yang akan didiskusikan adalah mengenai Dasar-Dasar Perilaku Individu, Dasar-Dasar Perilaku Kelompok, dan bagaimana perilaku tersebut membentuk perilaku organisasi dan berdampak terhadap kinerja organisasi. Selain itu, kita juga akan sama-sama menelaah bahwa perilaku itu bisa dikelola melalui pendekatan-pendekatan tertentu. 

Sampai bertemu di kelas virtual dan salam sehat untuk kita semua!

20202-MANAJEMEN SDM
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0013125808 A. MAPPINCARATeacher: 0007128304 SYAMSURIJAL BASRI

20202-MANAJEMEN SDM

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia  merupakan matakuliah inti dengan Bobot 3 SKS. matakuliah ini di ampuh oleh Syamsurijal Basri, S.Pd.,, M.Pd dan Drs. A. Mappincara, M.Pd dan Syamsurijal Basri, S.Pd.,, M.Pd. Dalam perkuliahan ini Mahasiswa belajar Manajemen Sumber daya manusia  mencakup masalah defenisi dan hakikat  manajemen sumber daya manusia, perencanaan sumber daya manusia, analsisi jabatan, rekrutmen dan seleksi pegawai, Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan karir, disiplin pegawai, kompensasi pegawai, evaluasi kinerj

   Dosen 1                                                     Dosen 2

1                           1

  Drs. A. Mappincara, M.Pd                        Syamsurijal Basri, S.Pd., M.Pd

20202-MANAJEMEN MUTU TERPADU
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0018055808 ANDI NUROCHMAH

20202-MANAJEMEN MUTU TERPADU

.Mata kuliah membahas Konsep Dasar MMT dan Falsafah Manajemen Mutu Terpadu, Hakikat MMT dalam Pendidikan, dan Mengapa MMT diiperlukan. tujuan penerapannya MMT, Penerapan Manajemen Mutu TerpaduPrinsip dan Karakterisitik MBS, Strategi Implementasi MBS, Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi MBS, Perencanaan pengembangan sekolah, tahapan perencanaan pengembangan sekolah, konsep dasar peranserta masyarakat dalam pendidikan, peningkatan profesionalisme Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah .

20202-SUPERVISI PENDIDIKAN
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0013125808 A. MAPPINCARATeacher: 0018055808 ANDI NUROCHMAH

20202-SUPERVISI PENDIDIKAN

Ruang pembelajaran Mata kuliah terdiri dari pembelajaran dalam cara Supervisi Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan, Konsep Supervisi Pendidikan, Teknik dan Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan, Prinsip dan Model Supervisi pendidikan, Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah, Supervisi Akademik, Perencanaan Supervisi Akademik , Tekinik - teknik Supervisi Akademik, Supervisi Klinis, tindak Lanjut Supervisi Akademik, Masalah Guru di sekolah dalam persektif supervisi sekolah, produk Supervisi Pendidikan.

20202-PROFESI KEPENDIDIKAN
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0029076905 ANSARTeacher: 0031125630 MUHAMMAD BACHTIARTeacher: 0031125637 SYAMSU K

20202-PROFESI KEPENDIDIKAN

Mata kuliah ini membahas tentang perofesionalisme guru sebagai dinamika pelaksanaan pendidikan nasional yang disusun menurut kerangka skematis berbasis pada upaya membuka keluasan wawasan pendidikan bagi  tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, membina sikap kreatif dan mengarahkan perilaku profesional. Secara praktis, kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang  Konsep dasar profesi kependidikan, pengembangan profesi, jenis-jenis, tugas dan tanggungjawab profesi, etika profesi pendidikan, tantangan interpersonal profesional, delapan manajemen komponen sekolah, supervisi pendidikan dan Organisasi profesi pendidik dan tenaga kependidikan. 

20202-Kapita Selekta AP
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0010038702 ANDI WAHEDTeacher: 0016024804 SUPARLAN SUHARTONO

20202-Kapita Selekta AP

.Kapita Selekta AP adalah mata kuliah pilihan dengan bobot 2 sks yang mengkaji berbagai macam isu tentang dinamika sistem tata kelola pendidikan sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan Administrasi Pendidikan di Indonesia, baik pada tataran makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Kapita Selekta AP merupakan salah satu mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester akhir yang belajar beragam masalah pendidikan yang hangat, sehingga memungkinkan mahasiswa melakukan kajian kritis untuk mengungkap, melihat, mendeskripsikan, dan memposisikan isu-isu administrasi pendidikan baik dari segi legislasi, konsepsi, maupun praktiknya . 

20202-TEORI ORGANISASI
86204 - 2020/2021 Genap
Preview Course

Teacher: 0013125808 A. MAPPINCARATeacher: 0010038702 ANDI WAHED

20202-TEORI ORGANISASI

.Mata kuliah Teori organisasi merupakan salah satu mata kuliah pokok mata kuliah Teori organisasi dan ruang lingkup teori organisasi, proses pengorganisasian, tipe organisasi formal dan informal, bentuk-bentuk organisasi, Teori klasik, Teori ilmiah, Teori Administasi Modern, Teori  Pra  -  Hubungan  Manusia  , Teori  Hubungan  Manusia  , Teori  Sistem Alam,  Teori  Stuktural-Fungsional,  Teori sistem terbuka, Teori Sumberdaya Manusia, Teori Kepemimpinan dan Budaya Organisasi.