전체 검색이 불가능합니다.
주요 내용으로 넘어가기

등록 조건

Mekanika Fluida S1 PTM 2019
83203 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Dosen: AMIRUDDIN 0018027403Dosen: ANDI MUHAMMAD IRFAN 0024086801

Mekanika Fluida S1 PTM 2019

Mekanika fluida adalah studi tentang fluida baik yang bergerak (dinamika fluida) atau diam (statika fluida). Baik gas maupun cairan diklasifikasikan sebagai fluida, dan jumlah aplikasi rekayasa fluida sangat besar: pernapasan, aliran darah, renang, pompa, kipas angin, turbin, pesawat terbang, kapal, sungai, kincir angin, pipa, rudal, gunung es, mesin, filter, jet, dan sprinkler, untuk beberapa nama. Jika dipikir-pikir, hampir semua yang ada di planet ini adalah fluida atau bergerak di dalam atau di dekat fluida.

Inti dari subjek aliran fluida adalah kompromi yang bijaksana antara teori dan eksperimen. Karena aliran fluida adalah salah satu cabang dari mekanika, aliran fluida memenuhi seperangkat hukum dasar yang terdokumentasi dengan baik, dan dengan demikian banyak perbaikan perbaikan teoritis tersedia. Namun, teori ini sering kali membuat "frustasi" karena ia berlaku terutama untuk situasi yang diidealkan, yang mungkin tidak valid dalam masalah praktis. Dua hambatan utama untuk teori yang bisa diterapkan adalah geometri dan viskositas. Persamaan dasar gerak fluida (Bab 4) terlalu sulit untuk memungkinkan analis menyerang konfigurasi geometris yang berubah-ubah. Jadi kebanyakan buku teks berkonsentrasi pada pelat datar, pipa melingkar, dan geometri mudah lainnya. Hal ini dimungkinkan untuk menerapkan teknik komputer numerik ke geometri kompleks, dan buku teks khusus sekarang tersedia untuk menjelaskan pendekatan dan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) baru [1-4] .1 Bahan Ajar akan menyajikan banyak hasil teoritis sambil menjaga keterbatasan mereka dalam pikiran.

Hambatan kedua untuk teori yang bisa diterapkan adalah aksi viskositas, yang dapat diabaikan hanya dalam aliran ideal tertentu (Bab 8). Pertama, viskositas meningkatkan kesulitan persamaan dasar, meskipun pendekatan lapisan batas yang ditemukan oleh Ludwig Prandtl pada tahun 1904 (Bab 7) telah sangat menyederhanakan analisis aliran viscous. Kedua, viskositas memiliki efek destabilisasi pada semua fluida, yang menimbulkan, pada kecepatan yang sangat kecil, fenomena acak yang tidak teratur yang disebut turbulensi. Teori aliran turbulen masih mentah dan sangat didukung oleh eksperimen (Bab 6), namun dapat digunakan sebagai perkiraan keteknikan. Bahan Ajar ini hanya memperkenalkan korelasi eksperimental standar untuk aliran rata-rata waktu turbulen. Sementara itu, ada teks lanjutan pada turbulensi rata-rata waktu dan pemodelan turbulensi [5, 6] dan pada simulasi numerik langsung intensif komputer  yang lebih baru dari turbulensi berfluktuasi [7, 8]

Jadi ada teori yang tersedia untuk masalah aliran fluida, tetapi dalam semua kasus itu harus didukung oleh eksperimen. Seringkali data eksperimental memberikan sumber utama informasi tentang arus tertentu, seperti gaya hambat dan gaya angkat benda yang dibenamkan (Bab 7). Untungnya, mekanika fluida adalah subjek yang sangat visual, dengan instrumentasi yang baik [9-11], dan penggunaan analisis dimensi dan konsep pemodelan (Bab 5) tersebar luas. Dengan demikian eksperimen memberikan pelengkap yang alami dan mudah untuk teori tersebut. Anda harus ingat bahwa teori dan eksperimen harus berjalan seiring dalam semua studi mekanika fluida.

손님자격으로는 이 강좌에 접속할 수 없습니다. 로그인 해 주시기 바랍니다.