Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar kependidikan pada program S 1
kependidikan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu
menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep
perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi
dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan
perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep
dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik
perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan
psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f)
kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk
ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, serta
pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah,
serta diskusi dan pemecahan masalah.
Penilaian terhadap penguasaan mahasiswa atas materi pembelajaran, selain
evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas, penyajian dan
diskusi, serta aktivitas di kelas.