Global searching is not enabled.
Skip to main content

23 Courses

PLC
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011118606 FITRAH ASMA DARMAWAN

PLC

Mata kuliah ini termasuk dalam kelompok mata kuliah wajib bidang mekatronika. Mata kuliah ini membahas sistem otomasi industri menggunakan perangkat PLC

82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0901018501 ANITA CANDRA DEWI

Bahasa Indonesia

Mata kuliah bahasa Indonesia memuat bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan dan tulisan terutama dalam menyusun paragraf, esai, menulis akademik, serta menyajikannya secara akurat dan santun.

20201 Perkembangan Peserts Didik
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0018027403 AMIRUDDIN

20201 Perkembangan Peserts Didik

Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik adalah salah satu yang sangat urgen dipelajari bagi mahasiswa, calon guru dan guru termasuk guru profesional. 

20201_Matematika Teknik
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTITeacher: AULIA SABRIL

20201_Matematika Teknik

Mata Kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami prinsip-prinsip dan metode perhitungan yang diperlukan untuk menganalisa fenomena fisik dan merumuskan atau memecahkan persoalan-persoalan Mekanik, elektronik dan informatika.

82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0018027403 AMIRUDDIN

Perkembangan Peserta Didik

Mata kuliah PPD ini mempelajari konsep perkembangan secara umum dan berkembang dengan Perkembangan peserta didik, teori perkembangan, prinsip-prinsip manusia, serta pembelajaran perkembangan fisik, intelektual, emosi, sosial dan moral dengan implikasinya pada pendidikan di setiap periode perkembangan manusia dari usia pranatal sampai lanjut usia, Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, diskusi dan tugas- tugas. Dilakukan dengan cara tertulis dan amatan Evaluasi diskusi.


PRAKTIK ROBOTIKA
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0910108907 MUHAMMAD AKILTeacher: RETYANA WAHRINI

PRAKTIK ROBOTIKA

Mata kuliah ini merupakan jenis mata kuliah praktikum dan wajib diprogram oleh mahasiswa pada semester V. Materi praktikum yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah: 1) membuat dan merangkai rangkaian elektronik sensor, kontroller, dan aktuator sebagai bagian dari robot. 2) membuat program pembacaan sensor, Algoritma pengendali robot, dan system navigasi robot. 3) melakukan pengendalian robot jarak jauh berbasis IoT. Jenis robot yang dijadikan sebagai prototype dalam praktikum ini adalah robot beroda dengan kemampuan yang dapat dikendalikan berbasis IoT, mengikuti jalur, dan menghidari dinding (rintangan). Peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung atau membangun protype robot beroda ini adalah kontroller ESP32, Driver Motor DC, Sensor Infra red, dan sensor ultrasonik.

2020-Sistem Mikroprosessor
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTI

2020-Sistem Mikroprosessor

Mata kuliah ini membahas pengenalan mikroprosesor atau mikrokomputer, komponen Mikroprosesor MPF-1 Z-80, pemrograman Mikrokontroler MPF-1, operasi Aritmatika dan logika, memfungsikan MPF-1, teknik antar muka parallel dan interupsi. Dilanjutkan dengan membahas tentang sistem mikrokontroler yang meliputi arsitektur sistem mikrokontroller, sistem minimum mikrokontroler, jenis mikrokontroler, pemrograman mikrokontroler, port input dan output, mengupload program ke mikrokontroler dan aplikasi mikrokontroler.

202001 - PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0018027403 AMIRUDDINTeacher: 0024116601 EDY SABARATeacher: 0901058505 LA BUSAB

202001 - PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar kependidikan pada program S 1

kependidikan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu
menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep
perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi
dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan
perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep
dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik
perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan
psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f)
kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk
ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, serta
pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah,
serta diskusi dan pemecahan masalah.

Penilaian terhadap penguasaan mahasiswa atas materi pembelajaran, selain
evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas, penyajian dan
diskusi, serta aktivitas di kelas.

SENSOR DAN TRANDUSER
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0910108907 MUHAMMAD AKILTeacher: RETYANA WAHRINI

SENSOR DAN TRANDUSER

Mata kuliah ini termasuk dalam kelompok mata kuliah kejuruan. Perkuliahan Sensor dan Transduser mengembangkan pemikiran tentang pengertian komponen sensor dan transduser. Materi kuliah terdiri dua bagian utama yaitu bagian sensor dan bagian transduser. Bagian sensor membahas dasar sensor aktif dan pasif, perbandingan dan penilaian berbagai jenis teknologi sensor meliputi antara lain: sensor cahaya, induktif, kapasitif, gaung, radar, tenaga, tekanan dan kecepatan, sedangkan bagian transduser membahas tentang cara kerja berbagai jenis transduser. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan Problem Based  learning. Penilaian berbasis kompetensi melibatkan partisipasi aktif dan produk rancangan aplikasi sensor dan transduser untuk industri maupun masyarakat

Praktik Sistem Kendali
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0910108907 MUHAMMAD AKILTeacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTI

Praktik Sistem Kendali

Sistem kendali merupakan suatu sistem dimana masukkan tertentu dapat digunakan sebagai pengendali untuk keluaran dengan nilai tertentu, mengurutkan suatu proses atau membuat suatu keluaran jika beberapa kondisi terpenuhi (Bolton).

Praktik Simulasi CNC S1 PVM 2019
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Dosen: 0024086801 ANDI MUHAMMAD IRFANDosen: 0901058505 LA BUSABDosen: 0910108907 MUHAMMAD AKIL

Praktik Simulasi CNC S1 PVM 2019

Perkembangan teknologi komputer saat ini telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Dalam hal ini komputer telah diaplikasikan ke dalam alat-alat mesin perkakas di antaranya Mesin Bubut, Mesin Frais, Mesin Skrap, Mesin Bor, dll. Hasil perpaduan teknologi komputer dan teknologi mekanik inilah yang selanjutnya dinamakan CNC (Computer Numerically Controlled).   Sistem

pengoperasian CNC menggunakan program yang dikontrol langsung oleh komputer. Secara umum konstruksi mesin perkakas CNC dan sistem kerjanya adalah sinkronisasi antara komputer dan mekaniknya. Jika dibandingkan dengan mesin perkakas konvensional yang setaraf dan sejenis, mesin perkakas CNC lebih unggul baik dari segi ketelitian (accurate), ketepatan (precision), fleksibilitas, dan kapasitas produksi. Sehingga di era modern seperti saat ini banyak industri-industri mulai meninggalkan mesin-mesin perkakas konvensional dan beralih menggunakan mesin-mesin perkakas CNC.

Secara garis besar pengertian mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf). Sebagai contoh: apabila pada layar monitor mesin kita tulis M03 maka spindel utama mesin akan berputar, dan apabila kita tulis M05 maka spindel utama mesin akan berhenti berputar.

Mesin CNC tingkat dasar yang ada pada saat ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Mesin CNC Two Axis atau yang lebih dikenal dengan Mesin Bubut (Lathe Machine) dan Mesin CNC Three Axis atau yang lebih dikenal dengan Mesin Frais (Milling Machine).


Sistem Pneumatik dan Hidrolik S1 PVM 2019
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Dosen: 0024086801 ANDI MUHAMMAD IRFANDosen: 0901058505 LA BUSABDosen: AULIA SABRIL

Sistem Pneumatik dan Hidrolik S1 PVM 2019

Pneumatik dan Hidrolik, Konsep, Desain dan Aplikasi ini ditulis untuk mahasiswa yang ingin memahami teknologi pneumatik dan hidrolik serta mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah keteknikan. Ini terutama dirancang untuk penggunaan mahasiswa di bidang teknik mesin, produksi, mobil dan mekatronika serta untuk mereka yang mempersiapkan ujian kompetitif. Insinyur yang berpraktik, juga, akan menemukan buku tersebut sebagai sumber referensi untuk memecahkan banyak masalah yang dihadapi dalam industri pneumatik.

Tujuan utama penulisan bahan ajar ini adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang konsep yang mendasari pengendalian pneumatik. Kami telah berusaha untuk menyampaikan interpretasi fisik dari berbagai derivasi dan memberikan solusi yang ringkas, namun komprehensif untuk berbagai masalah yang kompleks. Parameter yang perlu diperhatikan saat mengembangkan konten adalah bahwa cakupan harus sesuai dengan silabus, dan diekspresikan dengan jelas, dibantu oleh berbagai masalah numerik terpecahkan dan tidak terpecahkan yang bersumber dari ujian kompetitif serta bermakna. contoh dari industri.

Soal-soal disertakan di akhir setiap bab sebagai latihan. Sementara beberapa di antaranya adalah jenis rutin yang dimaksudkan untuk membiasakan mahasiswa dengan manipulasi numerik besaran berbagai parameter kontrol pneumatik, ada masalah terbuka yang akan memerlukan mahasiswa untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar pada situasi baru dan mengembangkan desain mereka sendiri dan sirkuit.

Bahan Ajar ini menyajikan perawatan komprehensif dari prinsip-prinsip pneumatik dan hidrolik. Ini berisi lebih dari cukup materi untuk kursus satu semester yang umumnya ditawarkan. Penyajian subjek mengikuti alur klasik, dengan diskusi terpisah untuk pneumatik murni, pneumatik elektro dan pneumatik berbasis PLC. Bab I memberikan pengantar singkat tentang pneumatik dan hidrolik serta kemudian mengembangkan hukum dasarnya. Komponen rangkaian  dasar telah disajikan bersama dengan kelebihan dan kekurangannya. Bab 2 berisi garis besar aspek persiapan, pengeringan dan pendinginan udara tekan dan beberapa aplikasi praktis.

Bab 3 memperkenalkan pengkondisian dan distribusi udara bertekanan. Bab 4 membahas berbagai aktuator pneumatik dan motor udara. Bab 5 membahas berbagai jenis katup, seperti katup kontrol arah, katup kontrol aliran, dan katup kontrol tekanan. Dalam bab 6, berbagai metode kontrol silinder tunggal telah dibahas secara rinci. Ini juga mengandung masalah desain dan sirkuit industri. Bab 7 membahas berbagai metode desain sirkuit yang digunakan dalam industri pneumatik. Metode kaskade dan penghitung langkah dibahas dengan beberapa contoh. Bab 8 melengkapi Bab 7 dan membahas metode pemetaan KV untuk mengontrol multi-silinder. Prosedur sistematisnya disajikan dalam bab ini dengan bantuan sejumlah besar masalah industri. Sistem pneumatik elektro akan dibahas di Bab 9, dan sistem pneumatik berbasis PLC dibahas di Bab 10. Bab 11 menjelaskan berbagai rangkaian dan metode kontrol yang menggunakan elemen kontrol fluida. Bab 12 membahas tentang hidropneumatik yang menggunakan udara dan oli. Bab 13 membahas tentang pemeliharaan sistem tenaga pneumatik.

 Pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan review dan latihan, contoh yang diselesaikan, dan solusi masalah disertakan dalam semua bab untuk membuat bahan ajar ini berguna untuk pengajaran dan pembelajaran mandiri.

Karena Mata Kuliah ini adalah Sistem Pneumatik dan Hidrolik, maka setelah memahami teori praktis di atas, mahasiswa mampu untuk melaksanakan praktikum Pneumatik dan Hidrolik. Kami lengkapi dengan program simulasi Pneumatik dan Hidrolik sebelum mahasiswa melaksanakan praktikum.

Metodologi Penelitian Pendidikan Kelas B
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024116601 EDY SABARATeacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTITeacher: RETYANA WAHRINI

Metodologi Penelitian Pendidikan Kelas B

Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topic, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.

Metodologi Penelitian Pendidikan Kelas A
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0024116601 EDY SABARATeacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTITeacher: RETYANA WAHRINI

Metodologi Penelitian Pendidikan Kelas A

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topic, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.

Praktikum Teknik Kendali dan Akuisisi Data
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: Faisal Najamuddin

Praktikum Teknik Kendali dan Akuisisi Data

Mata kuliah Praktik kendali dan Akuisisi Data bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar dapat melakukan kerja praktik kendali dan akuisisi data untuk mesin-mesin kendali dan atau peralatan elektronik/ elektrik dan dapat mengimplementasikannya untuk berbagai proses pengendalian dengan mengutamakan prinsip-prinsip antarmuka data onwire dan wireless dan pengolahan data antar sistem kendali berbasis mikroprosesor dan atau mikrokontroler baik secara hardware, software, maupun keduanya.

Praktik Kendali dan Akuisisi Data
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011118606 FITRAH ASMA DARMAWAN

Praktik Kendali dan Akuisisi Data

Mata kuliah Praktik kendali dan Akuisisi Data bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar dapat melakukan kerja praktik kendali dan akuisisi data untuk mesin-mesin kendali dan atau peralatan elektronik/ elektrik dan dapat mengimplementasikannya untuk berbagai proses pengendalian dengan mengutamakan prinsip-prinsip antarmuka data onwire dan wireless dan pengolahan data antar sistem kendali berbasis mikroprosesor dan atau mikrokontroler baik secara hardware, software, maupun keduanya.

20201_Profesi Keguruan
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011118606 FITRAH ASMA DARMAWANTeacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTI

20201_Profesi Keguruan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep profesi keguruan, sikap profesional keguruan, bimbingan dan konseling, program bimbingan di sekolah dan peranan guru dalam pelaksanaanya; administrasi pendidikan dalam profesi keguruan; peranan guru dalam administrasi sekolah menengah; peranan guru dalam pembelajaran; sistem dan struktur organisasi; supervisi pendidikan; kesalahan guru dalam pembelajaran; kode etik guru Indonesia; dan studi telaah kritis terhadap profesi serta pendidikan anak luar biasa dalam profesi keguruan.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang konsep-konsep, prinsip-prinsip dan teori-teori tentang tugas mengajar, tugas administrasi dan layanan konseling.


Sistem Elektronika
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011118606 FITRAH ASMA DARMAWANTeacher: NURIDAYANTI NURIDAYANTI

Sistem Elektronika

Mata kuliah ini termasuk dalam kelompok mata kuliah dasar kejuruan. Mata kuliah ini membahas dasar-dasar dari sistem elektronika dan penerapannya.

Kurikulum dan Pembelajaran Kejuruan Kelas B
82101 - 2020/2021 Ganjil
Preview Course

Teacher: 0011118606 FITRAH ASMA DARMAWAN

Kurikulum dan Pembelajaran Kejuruan Kelas B

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan memahami secara komprehensif konsep perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum serta mampu mengaplikasikannya dalam pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan. Matakuliah secara umum berisi materi tentang pengertian, dimensi, fungsi, dan peranan kurikulum; landasan pengembangan kurikulum; komponen-komponen pengembangan kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; model pengembangan dan organisasi kurikulum; pendekatan, strategi, dan model pembelajaran kejuruan. Kuliah dilaksanakan baik dengan ceramah, diskusi kelas maupun kelompok yang dilengkapi dengan penugasan pengamatan dan analisis kritis terhadap praktek-praktek pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan