52 Courses
Hukum pajak merupakan bagian dari hukum administrasi negara yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa perihal keuangan negara yang berkenaan dengan berbagai penerimaan negara, baik dalam bentuk pajak maupun dalam bentu penerimaan negara bukan pajak (PNBP)
Mata kuliah Hukum Tata Negara mengkaji teori dan praktik dalam penyelenggaraan negara melalui sudut pandang hukum. Cakupan materi yang dikaji meliputi Istilah-istilah, hakikat dan objek kajian hukum tata negara hubungan hukum tata negara dengan ilmu negara, ilmu politik dan ilmu pengetahuan sosial lainnya, hukum administrasi negara; sumber-sumber hukum tata negara; konstitusi: arti, sejarah, nilai, sifat dan tujuannya serta dinamika perkembangannya di Indonesia; pemerintahan di Indonesia; lembaga-Lembaga negara (eksekutif, legislatif yudikatif) dan fungsi kekuasaan negara serta dinamika perkembangan perkembangan ketatanegaraan di Indonesia. pendekatan pembelajaran yang digunakan ialah student active learning, contextual learning, problem solving, study case. Penilaian mata kuliah ini menggunakan tes dan non-tes
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam memahami strategi, model, dan media pembelajaran secara komprehensif meliputi teori-teori dalam pembelajaran PKn, yaitu konstruktivisme, humanisme, kognitif, behavioristik, model-model pembelajaran: problem based learning, project based learning, inquiry, dan discovery learning, pengembangan sumber belajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran PKn, arti dan fungsi media pembelajaran, syarat-syarat dan aspek yang harus diperhatikan dalam penggunaan media, merancang pembuatan dan penggunaan media, serta pengembangan media pembelajaran untuk pendidikan nilai dan PKn. Aktivitas perkuliahan menggunakan pendekatan student active learning, small group discussion, discovery learning dan problem based learning. Dosen hanya bertindak sebagai fasilitator dalam perkuliahan. Bentuk penilaian mata kuliah ini berupa tugas, keaktifan dalam berdiskusi, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2
sks, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam memahami pengelolaan kelas secara komprehensif meliputi eksistensi dan urgensi pengelolaan kelas, berbagai pendekatan
dalam pengelolaan kelas, aplikasi pendekatan pengelolaan kelas, prinsip-prinsip
pengelolaan kelas, lingkungan belajar yang efektif, desain pengaturan ruang
kelas yang ideal, perilaku peserta didik dan menerapkan disiplin pada peserta
didik, hambatan-hambatan kelas, alternatif pemecahan masalah/hambatan dalam
pengelolaan kelas, serta model pengelolaan kelas di sekolah pendidikan dasar
dan menengah. Aktivitas perkuliahan menggunakan pendekatan student
active learning, small
group discussion, discovery learning
dan problem based
learning. Dosen hanya bertindak sebagai fasilitator
dalam perkuliahan. Bentuk penilaian mata kuliah ini berupa tugas,
keaktifan dalam berdiskusi, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.