Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • PENGANTAR KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

    MATA KULIAH : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

    PRODI : PENDIDIKAN TEKNOLOGI PERTANIAN FT UNM

    SEMESTER GANJIL 2020/2021




    Assalamualaikum wr. wb.. Salam sehat dan salam sejahterah untuk kita semua. Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib bidang pedagogis untuk memberikan wawasan peserta dasar peserta didik tentang konsep pembelajaran. Mata kuliah ini diampuh oleh 4 orang dosen, yaitu :
    1.  Dr. Muhammad Rais, MP., MT.
    2.  Diyahwati, S.TP., M.Pd.
    3.  Khaidir Rahman, S.Pd., M.Pd.
    4.  Ervi Novitasari, S.Pd., M.Pd.





  • PERTEMUAN 2 : Memahami Hakikat Belajar, Mengajar dan Pembelajaran

  • Pertemuan 11: Memahami Teori Belajar Konstruktivis

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

    Mahasiswa sekalian, selamat datang kembali di kuliah kita sesi 11 dengan judul "Teori Belajar Konstruktivisme"

    Sebagai pengantar singkat sekarang kita akan mengkaji tentang teori belajar konstruktivistik, Teori belajar konstruktivistik memahami belajar sebagai proses pembentukan (kontruksi) pengetahuan oleh peserta didik itu sendiri. Pengetahuan ada di dalam diri seseorang yang sedang mengetahui (Schunk, 1986). Dengan kata lain, karena pembentukan pengetahuan adalah peserta didik itu sendiri, peserta didik harus aktif selama kegiatan pembelajaran, aktif berpikir, menyusun kosep, dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari, tetapi yang paling menentukan terwujudnya gejala belajar adalah niat belajar peserta didik itu sendiri. Sementara peranan guru dalam belajar konstruktivistik adalah membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan oleh peserta didik berjalan lancar. Menggunakan cara belajar inkuiri, berlangsung secara kooperatif, dan memungkinkan terjadinya interkasi antara peserta didik, secara persoanal maupun kelompok. Dalam gambar menunjukkan bagaimana konstruktivisme terbangun.


    Capaian Pembelajaran sesi ini adalah:

    a. Menjelaskan konsep teori belajar konstruktivisme

    b. Menerapkan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran

    Selamat belajar.....

    Selanjutnya silahkan kalian melakukan presensi dengan mengklik daftar hadir sesi 10


  • Pertemuan 12: Keterampilan Dasar Mengajar

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...bagaimana kabarnya kalian... selamat bertemu kembali di kuliah kita Pertemuan 12. Minggu lalu kita telah membagi kelompok untuk berdiskusi, dan hari ini kita akan mendiskusikan salah satu topik dari empat topik diskusi kita, yaitu Keterampilan Dasar Mengajar. Diskusi kita kali ini, penyajinya akan dibawakan oleh Kelompok 1 yaiatu  Andi Gemilang, dkk.

    Apa itu Keterampilan Dasar Mengajar?

    Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional. Keterapilan dasar mengajar merupakan keterampilan pedagogis yang menunjukkan tingkat penguasaan guru dalam mengelolah dirinya dan interaksinya dengan peserta didik, kelas, bahan ajar, strategi, dan media pembelajaran yang digunakan. Dalam konteks ini adalah bagaimana seorang guru memiliki keterampilan dasar mulai dari membuka pembelajaran sampai menutup pelajaran.

    Capaian Pembelajaran:

    1. Menjelaskan Konsep keterampilan dasar mengajar
    2. Menjelaskan berbagai macam keterampilan dasar mengajar
    3. Menjelaskan tujuan keterampilan dasar mengajar 

  • Pertemuan 13: Sumber-Sumber Belajar

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...bagaimana kabarnya kalian... selamat bertemu kembali di kuliah kita Pertemuan 13. Minggu lalu kita telah mendiskusikan salah satu topik dari empat topik diskusi kita, yaitu Keterampilan Dasar Mengajar. Keterapilan dasar mengajar merupakan keterampilan pedagogis yang menunjukkan tingkat penguasaan guru dalam mengelolah dirinya dan interaksinya dengan peserta didik, kelas, bahan ajar, strategi, dan media pembelajaran yang digunakan. Nah kali ini, kita akan mendiskusikan Sumber-Sumber Belajar, penyajinya akan dibawakan oleh Kelompok 2.

    Apa itu Sumber-Sumber Belajar?

    Sumber belajar (learning resources), adalah semua bahan yang dapat memberikan informasi baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dipakai peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar atau kompetensi tertentu. Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT), sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data, orang atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa. Sumber belajar itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan/latar.




    Capaian Pembelajaran

    1. Menjelaskan pengertian sumber belajar
    2. Menjelaskan fungsi sumber belajar
    3. Mengidentifikasi berbagai jenis sumber belajar
    4. Menilai kriteria sumber belajar yang baik untuk dihgunakan dalam pembelajaran
  • Pertemuan 14: Gaya Belajar

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...bagaimana kabarnya kalian... selamat bertemu kembali di kuliah kita Pertemuan 14. Pada minggu lalu kita telah membahas materi Sumber-Sumber Belajar. Kali ini kita akan lanjutkan pembahasan kita dengan jusul Gaya Belajar. Kita akan Sebagai penyaji diskusi kita adalah kelompok 3.

    Apa itu Gaya Belajar?

    Gaya belajar didefinisikan sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi interaksi pembelajaran, (Keefe, 1990). Gaya belajar merupakan ciri khas yang menunjukkan pola kebiasaan atau cara yang dipilih seseorang dalam menggunakan kemampuan, mempelajari dan mengolah suatu informasi (Wingkel, 1983; Santrock, 2004; Lee, 2005). Gaya belajar mengandung beberapa komponen, antara lain gaya kognitif dan tipe belajar (Riding dan Rayner,1988; Winklel, 1983). Menurut Riding dan Rayner  (1988), gaya belajar (learning style) merupakan ”an individual’s repertoire of learning strategies (the ways in which learning tasks are habitually responded to) combined with coghnitive style (the way information is organized and represented). Menurut Salkind (2008) gaya belajar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perbedaan individu yang menunjukkan kekhasannya didalam menjalankan cara belajar yang disukai dan dalam memproses informasi.



    Capaian Pembelajaran:

    1.  Menjelaskan pengertian gaya belajar

    2.  Menjelaskan berbagai jenis gaya belajar

    3. Menerapkan pembelajaran yang mengakomodir gaya belajar peserta didik

  • Pertemuan 15: Motivasi Belajar

    Mahasiswa sekalian...sesi ini kita akan bahas tentang motivasi belajar. Dalam proses belajar, motivasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Dan agar kegiatan belajar mengajar itu memberikan hasil yang efektif, maka perlu adanya usaha untuk membangkitkan motivasi belajar para siswa. Dengan begitu, akan terjadinya percepatan dalam mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran secara khusus. Maka dari itulah, dalam hal ini seorang guru dituntut mampu menciptakan situasi belajar yang dapat merangsang dan mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam belajar.

    Apa itu Motivasi Belajar ?

    Motivasi belajar merupakan sesuatu yang mendorong peserta didik dapat mengarahkan dirinya untuk melakukan aktivtitas belajar. Motivasi belajar sangat erat sekali hubungannya dengan prilaku peserta didik disekolah. Motivasi belajar dapat membangkitkan dan mengarahkan peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baru. Bila pendidik membangkitkan motivasi belajar anak didik, maka meraka akan memperkuat respon yang telah dipelajari Motivasi belajar yang tinggi tercermin dari ketekunan yang kuat untuk menggapai suatu prestasi. Motivasi ini biasa disebut motivasi berprestasi. Untuk membahas lebih jauh terkait motivasi belajar, kita akan menyimak materi dan video pembelajaran yang akan disajikan oleh kelompok 4.

    Capaian Pembelajaran:

    1. Menjelaskan pengertian motivasi belajar

    2. Menjelaskan jenis-jenis motivasi belajar

    3. Menjelaskan faktor motivasi belajar

    4. Menjelaskan upaya menumbuhkan motivasi belajar

  • Pertemuan 16: UAS