31 Courses
Mata kuliah ini bersifat wajib tempuh. Ruang lingkup perkuliahan meliputi:
konsep dasar kesekretariatan, eksistensi profesi sekretaris dalam organisasi
pendidikan, pengetahuan dan keterampilan sekretaris, etika profesi
sekretaris dan pengembangan diri. Strategi perkuliahan lebih ditekankan
pada dimensi – dimensi praktis kesekretariatan dan menghadirkan kasus –
kasus kesekretariatan yang terjadi pada organisasi pendidikan.
menajemen ini merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan 3 (tiga) SKS pada program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran sekaligus sebagai mata kuliah dasar (basic competences) dalam bidang administrasi perkantoran. Mata kuliah ini akan membekali pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar ilmu administrasi dan manajemen, bagaimana sejarah perkembangannya, hubungannya dengan ilmu lain sampai pada persoalan azas administrasi dan prinsip prinsip manajemen yang efektif dijalankan dalam sebuah organisasi, serta beberapa materi yang lain.
statistika dapat membantu dalam pembuatan keputusan yang tepat, alat untuk mengendalikan kualitas, dan memungkinkan untuk mnegetahui peluang suatu kejadian di masa mendatang. sehingga tidak mengherankan apabila statistika digunakan oleh pegiat pendidikan, bidang keuangan, manajemen, akuntansi, dan bidang lainnya.
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsi serta kaitan filsafat ilmu dengan MKK dan MKBS. Selanjutnya dibahas karakteristik filsafat ilmu dan hubungan fungsional antara pengetahuan, ilmu (ilmu pengetahuan), filsafat dan agama. Materi filsafat ilmu ini juga membahas sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma atau perspektif (pola pikir) dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu administrasi (publik, bisnis, perkantoran) dalam dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Kemudian, dibahas mengenai makna, aplikasi dan implikasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam pengembangan keilmuan dalam lokus atau bidang ilmu administrasi (publik, bisnis,) dan pendidikan administrasi perkantoran dengan menyesuaikan pada alternatif metodologi penelitian yang relevan secara, kualitatit, kuantitatif, bauran keduanya atau secara metode kombinasi sejumlah metode dan pendekatan.
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsi serta kaitan filsafat ilmu dengan MKK dan MKBS. Selanjutnya dibahas karakteristik filsafat ilmu dan hubungan fungsional antara pengetahuan, ilmu (ilmu pengetahuan), filsafat dan agama. Materi filsafat ilmu ini juga membahas sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma atau perspektif (pola pikir) dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu administrasi (publik, bisnis, perkantoran) dalam dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Kemudian, dibahas mengenai makna, aplikasi dan implikasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam pengembangan keilmuan dalam lokus atau bidang ilmu administrasi (publik, bisnis,) dan pendidikan administrasi perkantoran dengan menyesuaikan pada alternatif metodologi penelitian yang relevan secara, kualitatit, kuantitatif, bauran keduanya atau secara metode kombinasi sejumlah metode dan pendekatan.
Mata Kuliah ini diberikan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan administrasi kepegawaian yang dimulai dengan proses rekruitmen, pembinaan dan pengembangan karier sampai pada pemensiunan pegawai negeri sipil berdasarkan ketentuan berlaku di Indonesia
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang bagaimana proses perencaan pembelajaran bidang studi administrasi perkantoran dilaksanakan, lebih khusus menyangkut tentang pengembangan perangkat pembelajaran bidang studi. dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sekurang-kurangnya akan
mempelajari beberapa topik, antara lain; sistem pembelajaran, konsep dasar perencanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran berbasis kompetensi, model perencanaan pembelajaran, analisis peserta didik, rancangan kompetensi, pengembangan indikator, analisis materi pembelajaran, rancangan pengalaman belajar, rancangan penilaian, pengembangan silabus, pengembangan perangkat pembelajaran. termasuk di dalamnya adalah praktikum pengembangan perangkat pembelajaran (RPP. Media, Bahan Ajar, LKPD, dan Penilaian). Tujuan utamanya adalah tentu untuk memberikan bekal, pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merancang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Assalamualaikum, Selamat sore Mahasiswa sekalian.....